SOLOPOS.COM - Stadion Manahan/Dok.Solopos

Solopos.com, SOLO — PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mematangkan persiapan jelang pembukaan Piala Menpora 2021 di  Solo, 21 Maret 2021. Pembatasan jumlah orang yang berada di dalam dan sekitar stadion menjadi salah satu fokus PT LIB agar protokol kesehatan berjalan efektif di turnamen pramusim tersebut

Pada Jumat (12/3/2021), PT LIB bersama panitia pelaksana (panpel) lokal Piala Menpora di Solo menggelar simulasi pelaksanaan protokol kesehatan di Stadion Manahan. Dalam kesempatan itu, PT LIB menegaskan akan ada empat zona yang dijaga ketat sesuai aturan protokol. Keempat zona itu terbagi mulai dari dalam stadion hingga kawasan luar stadion.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pengamanan di zona empat atau kawasan luar stadion diperkirakan menjadi tantangan tersendiri. Akhmad mengatakan aparat keamanan maupun panpel perlu tegas dan jeli agar akses masuk menuju stadion tidak bobol.

Baca Juga : PT LIB Cek Kesiapan Stadion Manahan Solo Untuk Piala Menpora, Gibran Beri Usulan Ini

Di zona terluar ini, PT LIB bakal menyiagakan 77 personel keamanan. “Zona empat perlu menjadi perhatian, bagaimana personel dapat mengamankan akses masuk stadion dari setiap penjuru,” ujar Akhmad saat ditemui wartawan di sela simulasi protokol kesehatan.

Pihaknya menyebut empat stadion yang menjadi venue Piala Menpora yakni Stadion Manahan, Solo, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Stadion Kanjuruhan, Malang, memiliki karakteristik tersendiri terkait zona terluar.

Menurut Akhmad, keempat venue punya luasan zona empat yang berbeda sehingga perlu penyesuaian keamanan. Disinggung kebijakan yang diambil apabila ada suporter yang berusaha masuk kawasan stadion, PT LIB menegaskan tak akan kompromi. “Akan ada pihak keamanan di depan gerbang kawasan. Tentunya akan kami imbau agar jangan masuk stadion,” kata dia.

Baca Juga : 7 Regulasi Ini Bikin Pertandingan Piala Menpora Lebih Ketat

Sementara itu, Pasoepati berkomitmen menyukseskan kampanye menonton Piala Menpora dari rumah. Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, mengaku sudah menyosialisasikan hal itu hingga tingkat korwil agar suporter tak nekat ngluruk ke stadion.

“Sebanyak 18 korwil akan memasang spanduk imbauan menonton di rumah saja. Kami juga sudah berkoordinasi dengan suporter luar seperti PSIS Semarang agar mereka tak perlu ke stadion,” ujar Gondrong.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya