[x] close
Zat Pemicu Keracunan Puluhan Warga Tukringin Karangpandan Masih Misterius
Solopos.com|soloraya

Zat Pemicu Keracunan Puluhan Warga Tukringin Karangpandan Masih Misterius

Zat pemicu keracunan massal yang dialami puluhan warga Tukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, belum diketahui secara pasti.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Zat pemicu gejala keracunan yang dialami sekitar 55 warga dari dua RT di wilayah Dusun Tukringin, Desa Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih misterius.

Petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar sudah mengambil sampel makanan yang dikonsumsi warga yang mengikuti acara buka bersama pada Sabtu (8/5/2021) malam. Sampel itu harus diuji dulu di laboratorium untuk mengetahui kandungan zat yang memicu keracunan massal tersebut.

Baca Juga: Diduga Keracunan Takjil, Puluhan Warga Tukringin Karangpandan Karanganyar Dilarikan Ke RS

"Kami belum bisa memastikan ada zat apa yang memicu ini [keracunan], baik dalam makanan yang dikonsumsi maupun yang terdapat di tubuh pasien. Untuk saat ini mereka kami beri obat sesuai gejala dan saat ini kondisi para pasien mulai membaik," imbuh Kepala Puskesmas Karangpandan, Wahyu Purwadi, kepada Solopos.com, Minggu (9/5/2021) malam.

Wahyu terus berkoordinasi dengan Dinkes Karanganyar terkait zat pemicu keracunan massal warga Tukringin, Gerdu, Karangpandan, itu. Tidak semua warga yang mengalami gejala keracunan dirawat di Puskesmas Karangpandan.

Baca Juga: Puluhan Warga Tukringin Keracunan, Wabup Karanganyar Datangi Puskesmas Karangpandan

Menjalani Observasi

Dari total sekitar 55 warga dari dua RT yang mengalami gejalan keracunan, hanya 22 orang yang dirawat di puskesmas tersebut. Sisanya ada yang dirawat di RSUD Karanganyar.

Dari 22 warga yang dirawat di Puskesmas Karangpandan, 12 orang rawat inap, dua orang masih menjalani observasi, dan satu pasien dirujuk ke RSUD Karanganyar. Satu pasien dirujuk lantaran sudah lanjut usia dan tempat tidur UGD Puskesmas Karangpandan penuh.

Baca Juga: Terapkan 3 Lapis Pemeriksaan, Begini Cara Tim Gabungan Deteksi Pemudik Masuk Karanganyar

Diberitakan sebelumnya, 55 warga Tukringin RT 002 dan RT 003/RW 008, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar mendadak sakit diduga akibat keracunan. Mereka diduga keracunan massal setelah mengonsumsi hidangan takjil.

Mereka mengonsumsi hidangan takjil itu pada Sabtu malam tapi gejalanya baru terasa pada Minggu. Puluhan mobil ambulans didatangkan ke Tukringin untuk mengangkut warga yang mengalami gejala keracunan itu ke puskesmas atau rumah sakit.

Sebanyak 55 orang itu perinciannya 29 orang dari RT 002/RW 008 dan 26 orang dari RT 003/RW 008.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago