SOLOPOS.COM - Zanadin Fariz beseragam Persis Solo. (Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO–Persis Solo tidak akan diperkuat oleh wonderkid Zanadin Fariz pada dua sisa laga Piala Presiden 2022. Pemain yang dikenal dengan sebutan Ucil itu mendapat panggilan Shin Tae-yong mengikuti training center (TC) Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan AFF U-19 Youth Championship 2022.

“Untuk keberangkatan rencananya besok pagi (Rabu, 22/6). Tentunya saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan semoga kedepannya dapat tampil lebih baik lagi,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Persis Solo, Rabu (22/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ucil meski berstatus sebagai pemain Persis Youth namun berhasil menembus tim Persis Solo senior. Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago bahkan sampai meminta izin kepada manajemen agar menahan kepergian dua penggawa mudanya, Zanadin Fariz dan Althaf Indie ke Timnas Indonesia, agar bisa membela Laskar Sambernyawa menghadapi PSIS Semarang pada Derbi Jateng Piala Presiden 2022.

Baca Juga: Gibran: Persis Kudu Menang, Ini 2 Lawan Laskar Sambernyawa Berikutnya

“Jadi saya minta tolong beri izin dua pemain itu tetap bersama kita besok. Setelah pertandingan, mereka langsung gabung ke timnas. Saya rasa sudah diberi toleransi, jadi kedua pemain ini tetap bersama kita,” ujarnya jelang laga melawan PSIS.

Zanadin Fariz menyita perhatian pencinta sepak bola Indonesia saat membela Persis Solo menghadapi PSS Sleman dalam pembukaan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6/2022). Ucil disebut-sebut sebagai calon gelandang masa depan Indonesia.

Zanadin Fariz lahir di Bekasi, Jawa Barat pada 31 Mei 2004. Karier sepak bola Ucil dimulai dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Kalpataru, kemudian dia bergabung ke Ragunan Soccer School.

Baca Juga: Jacksen Tiago Belum Temukan The Winning Team Persis Solo

Di klub itu Ucil mengikuti sejumlah turnamen level junior di Piala Yon Zikon U-12 dan Piala Seroja pada tahun 2016. Pada dua ajang itu, Ucil berhasil meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik. Lantas dia mengikuti Liga Topskor U-13 pada 2017 masih bersama Ragunan Soccer School.

Baru pada tahun 2019, Ucil juga sempat tampil untuk Badak Lampung junior di Elite Pro Academy U-16 pada 2019. Pada tahun yang sama, Ucil mendapatkan panggilan seleksi untuk Timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di Piala AFF U-15 2019. Namun, dia terlempar dari daftar skuat Timnas U-16. Pada 2020, Ucil sempat menjalani seleksi Garuda Select III.

Namun, Ucil kembali belum mendapatkan tempat di sana. Ucil juga sempat tampil di Liga Topskor U-17 bersama Porkas Jaya. Pada awal Januari 2022 lalu, nama Ucil masuk ke dalam skuad Persis Solo Youth bersama dengan alumni Liga Topskor lain. Seusai laga melawan PSS Sleman, Ucil viral di berbagai media sosial sepak bola.

Baca Juga: Pemulangan Suporter PSIS, Kondusif di Solo Mencekam di Kartasura

“Zanadin (Ucil) punya mental kuat, bisa jadi motivasi anak-anak di Youth. Sangat tenang dalam bermain, biarkan dia menjalankan proses dengan baik,” kata Jacksen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya