SOLOPOS.COM - Puspo Wardoyo (wongsolo.co.id)

Solopos.com, TANGERANG — Ustaz Yusuf Mansur mengaku sudah mengembalikan uang investasi pembangunan hotel dan apartemen milik 2.500 investor dari total 2.900 investor.

Pernyataan Yusuf Mansur yang ia tulis di akun Instagramnya, Senin (13/12/20221), itu pernah ia sampaikan beberapa bulan lalu dan mendapat tanggapan dari pengusaha nasional asal Kota Solo, Puspo Wardoyo pada 22 Oktober 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bohong besar. Demi Allah tidak ada itu. Katanya 2.000-an orang sudah dibayar. Apalagi yang bayar Yusuf Mansur. Kita minta aja susah sekali. Ayo dibuktikan. Kalau benar dia sudah membayar, aku akan bayar (kembali) jika ada kuitansinya, yang membayar 2.000 sudah dikembalikan. Yang dia gembar-gemborkan itu kan korban yang Jogja. Itu juga dikembalikan karena dipolisikan oleh korbannya,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan Sudarso Arief Bakuama di kanal Youtube Thayyibah Channel seperti dikutip Solopos.com, Selasa (14/12/2021).

Puspo Wardoyo mengaku dirinya menjadi tempat mengadu banyak korban Yusuf Mansur. Karena selain sebagai pengusaha nasional yang dekat dengan dakwah Islam, dirinya sejak lama punya kedekatan dengan Yusuf Mansur. Bahkan ia mengenal Yusuf Mansur sejak 2006 kala ustaz tersebut belum terkenal.

“Ada ratusan yang datang mengadu ke saya, di belakangnya ada ribuan orang yang jadi korban tapi belum bersuara. Kan bisnis Yusuf Mansur ada puluhan, mana yang berhasil? Gagal semua kan? Terus yang investasi bagaimana nasibnya. Tidak ada transparansi?” katanya.

Terkait pernyataan Yusuf Mansur bahwa dirinya sudah mengembalikan uang milik ribuan orang yang berinvestasi, Puspo Wardoyo mengaku itu bohong besar.

Baca Juga: Ini Klarifikasi Ustaz Yusuf Mansur Soal Uang Investor Pembangunan Hotel 

Puspo Wardoyo mengatakan, tidak semua korban investasi itu orang kaya. Ia mendapat pengaduan dari seorang ibu rumah tangga dari Makassar yang berinvestasi untuk pembangunan hotel itu pada 2012 senilai Rp10 juta. Namun saat mendatangi kediaman Yusuf Mansur untuk meminta penjelasan, perempuan itu malah dibentak-bentak.

“Ada Ibu Ica dari Makassar, datang minta uang Rp10 juta investasinya, Harapannya kan dari tahun 2012 pengin duitnya berkembang. Malah dibentak-bentak,” katanya.

Puspo Wardoyo mengaku sudah sejak sebelum tahun 2015 mengingatkan Yusuf Mansur agar berbagai program investasi yang digalangnya, termasuk pembangunan hotel dan apartemen, dihentikan karena berbahaya lantaran tidak ada transparansi. Semua kritikan yang ia sampaikan itu sebagai bentuk kasih sayang sesama muslim.

“Saya tidak berhenti mengkritik dia jika dia tidak berhenti. Saya ingin menyelamatkan syariat dan umat Islam yang pengin investasi. Supaya tidak ada korban-korban baru. Jangan dipermainkankan lah. Tafsir-tafsir ini dipakai untuk menjerat mangsa, agar orang sedekah, investasi. Semua bermasalah kan? Puluhan bisnis dia bermasalah semua kan? Gak ada yang mulus. Harus dievaluasi dong. Yusuf Mansur, antum jangan bikin bisnis-bisnis baru sebelum masalah-masalah yang lama diselesaikan,” tuturnya.

Ia menyatakan tidak tega dengan orang-orang miskin yang turut berinvestasi lantaran percaya dengan Yusuf Mansur. Kebanyakan dari mereka berharap uang yang diinvestasikan mendapatkan hasil.

“Saya bantu korban-korban dia loh. Kasihan kan, ada yang Rp12 juta, Rp10 juta. Gak tega saya, demi membela orang-orang yang tak terbayar. Saya jadi bantu mereka semua lho gara-gara antum, uangnya kita kembalikan, gara-gara antum, berapa orang,” katanya.

Sudah Dikembalikan

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur menyebut dirinya bersama tim sudah mengembalikan uang milik 2.500 investor dari total 2.900 investor. “Rentang 2012-2021. Saya dengan teman-teman dan izin Allah, dipulangin 2.500 lebih,” tulis dia di Instagramnya, Senin (13/12/2021) sebagaimana dikutip Suara.com.

Lelaki Betawi itu juga mengakui bahwa ada uang investor yang belum dikembalikan. Ustaz Yusuf Mansur menyebutkan alasannya bukan enggan mengembalikan, tetapi terkendala permintaan investor cukup fantastis.

Sebagaimana diketahui, Yusuf Mansur digugat 12 orang yang mengaku sebagai investor pembangunan hotel dan apartemen. Mereka melayangkan gugatan kepada ustaz Yusuf Mansur melalui Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kamis (9/12/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya