Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Yuk Ramaikan Pawai Pembangunan di Solo Besok, Gibran bakal Naik Tank

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal naik tank pada kirab Pawai Pembangunan memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Jumat (19/8/2022).
SHARE
Yuk Ramaikan Pawai Pembangunan di Solo Besok, Gibran bakal Naik Tank
SOLOPOS.COM - Informasi tentang pawai pembangunan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Solo yang akan digelar Jumat (19/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tank, truk trailer, sampai paramotor bakal ikut meramaikan Pawai Pembangunan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di sepanjang jalan dari Kota Barat sampai Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022) sore. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal naik tank sepanjang jalur sekitar 3,5 km itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Aryo Widyandoko, menjelaskan pawai dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat itu diikuti 88 instansi pemerintahan, swasta, BUMD/BUMN, dan kelompok masyarakat.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Menurut Aryo, acara Pawai Pembangunan akan dimulai pukul 15.00 WIB dari Stadion Mini Kota Barat. Wali Kota Solo akan memberangkatkan peserta yang akan diiringi dengan tarian. Ada 80-an instansi/kelompok peserta.

“Nanti ada mobil listrik untuk VIP [naik dari lapangan Kota Barat] ke Gendengan. Lalu pindah naik ranpur [kendaraan tempur], naik tank. Wali Kota Solo akan naik tank,” katanya dalam jumpa pers mengenai pawai pembangunan di Balai Kota Solo, Kamis (18/8/2022).

pawai pembangunan solo
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko, menyampaikan daftar peserta Pawai Pembangunan saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Kamis (18/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Adapun urutan pawai diawali dengan mobil woro-woro, voorijders, armada untuk media, spanduk pawai, Garuda Pancasila, Paskibra, marching band, enam unit armada untuk VIP. VIP-nya antara lain Wali Kota Solo, Wakil Wali Kota Solo.

Baca Juga: Besok Pawai Pembangunan HUT RI di Solo, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Kemudian juga Ketua DPRD Solo, Kapolresta Solo, Dandim 0735/Solo, Kajari Solo, Ketua Pengadilan Negeri, Danrem, Danlanud, Dangrup 2 Kopassus, Danbrigif VI, Dandenpom IV Diponegoro, Danyon Brimob, dan Sekda.

Perkumpulan Motor Disabilitas

Selanjutnya, Brigif Mekanis Raider 6 dengan dua unit Ranpur M113 A1 BE, Prajurit Pokdarwis 30 orang, Sekretariat DPRD Kota Solo sebanyak 20 orang berkostum adat nusantara dan dua andong akan melengkapi barisan pawai pembangunan.

Ada pula peserta dari Disbudpar sebanyak 60 orang berkostum wayang orang, 20 orang berkostum traveler, dan dua andong. Dilanjutkan Soloved Dancer dengan 30 orang dengan kostum hias bunga serta sayap dan Komunitas Cinta Anak Bangsa dengan 10 orang berkostum tarian modern.

Baca Juga: Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

Komunitas Gajah Krumpyung ada 30 orang; Bank Jabar 20 orang dengan kostum adat nusantara; Komunitas Kebaya Milik Kita dua andong. Berikutnya SD Djama’atul Ichwan menampilkan 21 orang dengan kostum adat nusantara dan becak hias.

Tak ketinggalan Perkumpulan Motor Disabilitas Indonesia menampilkan 20 unit motor hias disabilitas. Sedangkan Barong Kemamang melibatkan 20 orang; Sekretariat Daerah Kota Solo menampilkan 100 orang kostum wayang dan satu unit mobil hias.

Bapenda Kota Solo menampilkan 20 orang dengan kostum adat nusantara dan satu unit mobil hias dalam pawai pembangunan, Jumat. Arpusda Kota Solo menampilkan 15 orang kostum Pustakawan, tiga unit bemo pustaka; Dinas Pendidikan 50 orang dengan kostum adat nusantara dan satu unit mobil hias.

Baca Juga: Di Karnaval Jalan Kaki, Bupati & Pejabat Karanganyar Naik Kuda

Kuota Penuh

Disnaker ada 40 orang dengan kostum  olahraga dn satu unit mobil hias. Dinas Perdagangan ada dua Bregodo Wrekso Raharjo, 70 orang membawa hasil bumi, dan satu unit mobil hias.

BKPSDM ada 20 orang dengan kostum adat Jawa dan satu unit mobil hias, Dispora ada 40 oarang dengan kostum pakaian dinas lapangan (PDL) dan satu unit mobil hias dan masih banyak lagi penampil dari berbagai instansi.

Aryo menambahkan ada dua tambahan dua kelompok/instansi yang bakal mengikuti kegiatan. Pemkot Solo belum bisa mewadahi semua kelompok/instansi karena kuotanya sudah penuh saat pendaftaran pada Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Gibran Segera Bersih-Bersih Kawasan Sriwedari Solo Lur, Mulai Penataan?

Menurut dia, ada tambahan atraksi paramotor sebelum pawai dimulai dengan membawa spanduk. Teknis acara masih dibahas dalam rapat koordinasi di Balai Kota Solo pada Kamis ini.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode