SOLOPOS.COM - Kebun Inggit Strawberry (Sumber: Detik.com)

Solopos.com, MAGELANG — Agrowisata Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang menawarkan pengalaman agrowisata yang menarik di mana kamu bisa memetik buah stroberi langsung dari kebunnya. Lokasi tempat agrowisata ini tidak jauh dari Ketep Pass Magelang.

Kebun ini dikenal dengan nama Kebun Inggit Strawberry dan berada di pemandangan hijau lahan pertanian. Untuk memasuki kebun ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung akan mendapatkan arahan dari pengelola.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Termasuk  nantinya akan diberi tempat untuk petik buah dan gunting untuk memetik stroberi dengan muda. Selain wisata  petik buah langsung dari tanamannya, kebun agrowisata ini juga memiliki beragam spot swafoto yang menarik sehingga pengunjung juga bisa mengabadikan momen.

Baca Juga : Ubi Magelang Ini Tembus Pasar Asia karena Cita Rasanya

Nantinya setelah selesai memetik stroberi, buah hasil petikan akan ditimbang dan pengunjung harus membayar hasil  dari memetik stroberi itu berdasarkan harga per ons-nya. Untuk hari Senin-Jumat, harga per ons stroberi dibanderol dengan harga Rp10.000 dan untuk hari Sabtu-Minggu, hasil  petik stroberi seharga Rp15.000.

Ilustrasi buah strawbery
Ilustrasi buah stroberi (Sumber:Okezone.com)

Mengutip Detik.com, Selasa (22/6/2021), pengelola Kebun Inggit Strawberry, Suyanto mengatakan bahwa awalnya kebun stroberi ini ada karena dibukanya objek wisata Ketep Pass. Karena menginginkan peluang yang ada, akhirnya  dipilihlah stroberi.

Suyanto menambahkan bahwa budidaya stroberi ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan banyak diminati oleh masyarakat. Kendala yang dihadapi jika turun hujan ekstrem karena daunnya jadi rusak dan buahnya membusuk. Jika terjadi demikian, yang dilakukan Suyanto adalah membersihkan buah busuk dan daun rusak.

Baca Juga :Warga Penghayat Kepercayaan Windusabrang Sambut Tahun Baru

Kebun Inggit Strawberry ini berdiri di lahan seluas 2.000 meter dan dibuka untuk umum pada tahun 2007 silam, sedangkan penanaman stroberi dimulai sejak tahun 2006. Pengunjung yang datang rata-rata sekitar 25 oirang di masing-masing kebun untuk hari biasa namun jumlah pengunjung akan lebih banyak saat akhir pekan.

Buah stroberi pada dasarnya memiliki banyak khasiat karena kandungan zat yang beragam yang berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah vitamin C, berdasarkan penelusuran Solopos.com melalui sumber-sumber ilmiah, buah stroberi memiliki vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini sangat baik jika mengkonsumsi buah stoberi untuk menjaga kekebalan tubuh semakin kuat. Selain itu,  melansir Okezone.com, buah stroberi memiliki antioksidan, seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan menghindarkan masalah mata, seperti mata kering, degenerasi macula dan katarak.

Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya