SOLOPOS.COM - Kick-Off 13th SATU Indonesia Awards 2022, yang digelar secata daring dihadiri para dewan juri, Rabu (9/3/2022). (Istimewa-Astra)

Solopos.com, JAKARTA – Anak-anak sibuk berlarian dan bermain permainan tradisional dengan gelak tawa riang, tak ada yang memegang gawai. Suasana itulah yang terlihat di sebuah kampung bernama Kampung Lali Gadget, yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Berdirinya Kampung Lali Gagdet berawal dari keresahan seorang pemuda bernama Achmad Irfandi terhadap tingginya intensitas penggunaan gawai pada anak-anak . Upayanya mengurangi kecanduan anak terhadap gawai di daerahnya berhasil. Kisah inspiratif ini membawanya menjadi Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Melalui SATU Indonesia Awards yang saat ini memasuki tahun ketiga belas, Astra tetap berkomitmen untuk “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. Hal ini sejalan dengan perjalanan 65 tahun Astra dalam mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa, yang mengajak masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama.

“Keberhasilan suatu bangsa tidak terlepas dari andil positif para pemudanya. Kami percaya ada banyak mutiara bangsa yang bekerja keras tanpa pamrih untuk lingkungannya yang dapat diapresiasi melalui 13th SATU Indonesia Awards 2022 ini”, ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Mantap! Astra Ubah 517 Ton Sampah Plastik Jadi Solar

Tidak hanya Achmad Irfandi, kisah inspiratif lain juga datang dari Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Kategori Kelompok Siti Salamah. Dan Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Kategori Khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19 Muhammad Zidny Kafa.

Melalui Waste Solution Hub yang dirintis bersama dengan rekan-rekannya, Siti Salamah membangun sistem pengelolaan sampah terintegrasi yang menghubungkan produsen sampah dan bank sampah. Serta meningkatkan kemandirian sosial para pemulung.

Sementara Muhammad Zidny Kafa berhasil menekan angka kasus Covid-19 di Desa Panggungharjo, Bantul, DI Yogyakarta melalui gerakan Panggung Tanggap Covid-19 yang memitigasi pandemi di daerahnya menggunakan formulir daring. Ia juga menghadirkan solusi masalah ekonomi dan sosial yang muncul akibat pandemi.

Astra Satu Indonesia
Para dewan juri 13th SATU Indonesia Awards 2022. (Istimewa-Astra)

Kick Off

Apresiasi SATU Indonesia Awards kembali digelar pada tahun ini untuk menjaring anak bangsa yang senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat melalui lima bidang. Yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi ditandai dengan Kick-Off 13th SATU Indonesia Awards 2022, Rabu (9/3).

Mengangkat tema, Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama, dengan menghadirkan Achmad Irfandi, Siti Salamah dan Muhammad Zidny Kafa sebagai pembicara. Seremoni juga disertai peluncuran buku elektronik atau e-book SATU Indonesia Awards yang menceritakan kisah-kisah inspiratif seluruh penerima apresiasi SATU Indonesia Awards dari tahun ke tahun.

Baca juga: Ekonomi Digital untuk Demokratisasi Ekonomi, UMKM Tak Kalah Gengsi

Dewan Juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 adalah Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia). Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta).

Kemudian Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi), Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk). Lalu Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni), Billy Boen (Founder Young On Top), Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra), serta Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra).

Dalam 13th SATU Indonesia Awards 2022, Astra kembali bekerjasama dengan beberapa partner yaitu Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times dan Young On Top. Berikut ketentuan pendaftaran 13th SATU Indonesia Awards 2022.

Baca juga: Optimisme di Balik Lagu Selalu Bersama by RAN Sambut HUT Ke-65 Astra

Berusia maksimal 35 tahun, individu atau kelompok (minimal 3 orang), kegiatan harus orisinal dan telah berlangsung minimal 1 tahun. Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional, bukan karyawan Grup Astra dan mitra SATU Indonesia Awards.

Anda dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan mengikuti 13th SATU Indonesia Awards 2022. Program yang diajukan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra. Penerima apresiasi tingkat nasional masing-masing akan mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan. Informasi dapat diakses melalui www.satu-indonesia.com.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya