Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Yuk Melihat Fenomena Langka 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022

Hari ini, Jumat 24 Juni 2022 Anda bakal menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi sekitar 18 tahun sekali yakni lima planet akan berjajar di langit.
SHARE
Yuk Melihat Fenomena Langka 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022
SOLOPOS.COM - Fenomena Langka 18 Tahun Sekali, 5 Planet Berjajar (Bisnis/Accuweather)

Solopos.com, JAKARTA — Hari ini, Jumat 24 Juni 2022 Anda bakal menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi sekitar 18 tahun sekali yakni lima planet akan berjajar di langit.

Fenomena langka penampakan planet berjajar belum pernah terlihat sejak tahun 2004 dan tidak akan terjadi lagi lima planet berjajar seperti ini sampai tahun 2040.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Iya fenomena ini hanya terjadi sekitar 18 tahun sekali. Kelima planet itu yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena lima planet berjajar tersebut, bisa menyaksikannya beberapa hari setelah titik balik matahari musim panas.

Dikutip Antara, fenomena langka berjejernya lima planet di langit ini akan mulai muncul pada 24 Juni dan bisa tetap dilihat sampai akhir Juni 2022.

Baca juga: Pasang Tempered Glass Pada Handphone, Sebaiknya Ketahui Efeknya

Lantas bagaimana caranya agar bisa melihat lima planet berjajar, apakah memperlukan alat khusus dari tempat kita melihat?

Kabar baiknya, Anda tidak perlu teleskop atau peralatan khusus untuk dapat melihat lima planet berjajar di langit.

Fenomena planet berjajar ini bisa dilihat dengan baik sekitar 45-60 menit sebelum matahari terbit di pagi hari, tentu harus bebas dari awan yang menutupi.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tampilan lima planet berjajar di langit itu hanya apa yang terlihat dari perspektif Bumi. Karena kenyataanya lima planet itu berjauhan di tata surya.

Baca juga: Mengejutkan! Ditemukan Sampah di Planet Mars

Planet Merkurius karena jaraknya dekat dengan matahari kemungkinan menjadi planet yang dapat dilihat asalkan pandangan tanpa hambatan di cakrawala timur.

Venus akan menjadi panduan untuk melihat Merkurius, karena bersinar lebih terang dan muncul tepat di atas dan di sebelah kanannya.

Mars, Jupiter, dan Saturnus lebih mudah ditemukan karena letaknya lebih tinggi di langit. Kelima planet akan berkumpul lebih dekat pada tahun 2040, tetapi akan lebih sulit untuk menemukan Merkurius.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode