SOLOPOS.COM - Program mudik arus balik untuk sepeda motor gratis 2022 digelar Kementerian Perhubungan. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Program angkutan sepeda motor gratis yang dilaksanakan pemerintah melalui kementerian perhubungan ternyata tidak hanya saat mudik saja, namun juga saat arus balik Lebaran 2022.

Program angkutan sepeda motor gratis tidak hanya melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, namun juga dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Sehingga ada dua pilihan angkutan sepeda motor gratis saat arus balik Lebaran 2022, yakni pengangkutan menggunakan kereta api dan kapal laut.

Dikutip dari Bisnis.com, Hubla.Dephub.go.id, dan Gridoto.com, pengangkutan sepeda motor gratis bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan balik juga dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Jika saat mudik Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov DKI Jakarta menyediakan 22 truk, maka saat arus balik menyediakan 9 truk untuk mengangkut sepeda motor secara gratis.

Baca juga: Kartu Tol, Begini Cara Mengisi dan Menggunakannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan angkutan sepeda motor gratis untuk arus balik periode 5-9 Mei 2022.

Untuk angkutan sepeda motor gratis menggunakan kereta api, Kemenhub menyediakan 11 stasiun pelayanan, yakni Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto.

Kemudian Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Pemudik dapat mendaftarkan kendaraan bermotornya melalui http://bit.ly/motis2022 atau mengunjungi stasiun yang melayani program angkutan sepeda motor gratis tersebut.

Baca juga: Waspadai Titik Rawan Macet Arus Balik di Tol Trans Jawa

Untuk masyarakat terutama warga Surabaya dan Semarang dapat mengikuti program mudik arus balik sepeda motor gratis 2022 naik kapal laut. Program ini merupakan lanjutan dari program mudik sebelumnya.

Nantinya sepeda motor pemudik yang akan melakukan arus balik akan diangkut dengan KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan KM Ciremai pada 9 Mei pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 10 Mei 2022 pukul 15:00 WIB.

Sedangkan KM Dobonsolo berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 11 Mei 2022 pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 12 Mei pukul 15:00 WIB.

Untuk informasi dara daftar bisa dilihat di instagram @Djplkemenhub151 dan untuk pertanyaan seputar arus balik gratis dapat menghubungi hotline di nomor 08197992019.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya