SOLOPOS.COM - Foto udara kawasan Kabupaten Karanganyar. (Youtuber/@dunia drone)

Solopos.com, KARANGANYAR — Halo para pilot drone. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan lomba pembuatan video Potensi Bumi Intanpari dengan drone.

Pendaftaran lomba dalam rangka memperingati HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar ini dimulai 3-30 Oktober 2022. Tema lombanya adalah Jelajah Langit Bumi Intanpari dengan bidikan pesona wisata, lanskap alam, dan potensi di kabupaten dengan sebutan Bumi Intanpari tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu panitia lomba, Eko Wardoyo, menjelaskan acara ini tidak khusus bagi warga Karanganyar. Tetapi, terbuka bagi siapa saja. Peminat bisa mendaftar secara gratis melalui link https://s.id/PendaftaranLombaDrone.

Durasi video yang dilombakan minimal satu menit maksimal tiga menit. Seluruh pengambilan gambar wajib berlokasi di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Dolan Negeri Dongeng Lengkapi Paket Wisata Sinau Sragen Keren

Peserta harus memperhatikan aturan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP). Selain itu, jika lokasi pengambilan gambar merupakan cagar/situs budaya wajib menyertakan izin dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Untuk daerah dengan aturan KKOP misalnya kawasan Bandara Adi Soemarmo, kompleks militer, dan De Tjolomadoe. Ada pula daerah yang membutuhkan izin BPCB misalnya Candi Cetho, Candi Sukuh, dan lain-lain,” ujar Eko Wardoyo yang akrab disapa Oki ini.

Video menampilkan landmark/ikon baik branding maupun infrastruktur Kabupaten Karanganyar. Video yang dilombakan berformat Full HD MP4 dengan ukuran minimal 1080 p.

Baca Juga: Long Weekend Tiba! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

“Video juga boleh dipadu dengan gambar bawah menggunakan kamera DSLR dan sejenisnya. Diperbolehkan menambahkan video darat dengan komposisi video 60:40 untuk drone dan darat, serta boleh ditambahkan narasi voice over atau musik yang tidak menyalahi hak cipta. Persyaratan lainnya dapat dilihat diunduh di https://s.id/SuratPernyataanKarya,” imbuh Oki.

Pengumuman pemenang akan dilakukan 2 November 2022 mendatang. Juara I akan mendapatkan uang tunai Rp2.000.000. Sedangkan juara II, III, dan harapan I masing-masing mendapatkan Rp1.500.000, Rp1.000.000, dan Rp750.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya