SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Warga Membaca Buku. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Foto Ilustrasi Warga Membaca Buku
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

JOGJA-Perpustakaan Kota Jogja yang prihatin atas akses buku yang tak bisa dijangkau seluruh warga, tiga tahun silam memunculkan program Bank Buku.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kini, program ini telah berusia tiga tahun. Di tahun ketiga Bank Buku kembali mengajak seluruh masyarakat untuk berbagi melalui buku yang bertajuk Seribu Buku untuk Jogja.

“[Program ini] Mewujudkan agar semua orang dapat mengakses buku, diperlukan upaya kesadaran dari semua masyarakat untuk membiasakan menyumbangkan buku, wakaf buku, ataupun dana buku bagi sesama,” ujar Kepala Seksi Pengelolaan Perpustakaan pada Kantor Arsip Dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Nunun Zulaikha, di ruang kerjanya Jumat, (19/4).

Pada 21 April 2013 merupakan hari kelahiran Bank Buku, sedangkan 23 April diperingati oleh dunia internasional sebagai Hari Buku Sedunia.

“Momentum Hari Buku Sedunia dan HUT Bank Buku ke-3 ini menjadi sebuah gerakan untuk mengkampanyekan sumbang buku pada masyarakat luas dengan tujuan agar peredaran buku di masyarakat semakin meluas dan menyentuh semua lapisan,” ujar Nunun menjelaskan.

Buku yang disumbangkan dikumpulkan kemudian didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan buku dan mendorong gerakan minat baca masyarakat. Distribusi diatur agar bisa langsung menyentuh masyarakat.

Dalam usianya yang ketiga ini Bank Buku telah menerima sumbangan sebanyak 29.686 eks dan menyalurkan sebanyak 25.944 eks. Buku-buku tersebut terdiri dari buku umum, buku pelajaran dan majalah.

“Dari sekian banyak proposal yang masuk untuk permohonan bantuan buku, yang sulit kami penuhi adalah permintaan buku anak-anak. Karenanya kami menghimbau masyarakat dapat membantu Bank Buku untuk memenuhinya, “ pinta Nunun.

Masyarakat yang akan menyumbangkan bukunya melalui Bank Buku dapat menyampaikan langsung ke Perpustakaan Kota Jogja, Jalan Suroto No.9 Kotabaru, Jogja, telepon 0274-511314.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya