Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Youtube Keluarkan Tiga Aturan Baru, Cegah Penipuan

Youtube mengeluarkan tiga aturan baru sebagai solusi dalam menghadapi akun-akun penyamar yang bisa digunakan untuk penipuan.
SHARE
Youtube Keluarkan Tiga Aturan Baru, Cegah Penipuan
SOLOPOS.COM - Logo Youtube (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Youtube mengeluarkan tiga aturan baru sebagai solusi dalam menghadapi akun-akun penyamar yang bisa saja digunakan untuk penipuan.

Masalah penipuan memang menjadi masalah yang dihadapi Youtube, Di mana banyak pelaku penipuan meniru akun resmi yang ada.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dikutip dari Antara, aturan pertama, Youtube adalah membatasi tipe dan jumlah karakter spesial yang bisa digunakan pada nama kanal.

Karena penipu sering menggunakan karakter spesial untuk mengganti huruf, sehingga mengecoh pengguna dan banyak yang mengira itu akun sungguhan.

Sebagai contoh, cara yang sering digunakan para penipu adalah mengganti huruf “Y” dengan simbol mata uang yen.

Baca juga: Begini Cara Download Story Instagram Yang Kamu Suka

Selanjutnya yang Kedua, kanal tidak bisa lagi menyembunyikan jumlah pelanggan (subscriber). Agar bisa dilihat oleh pengguna.

Hal ini karena penyamar sering menyembunyikan jumlah pelanggan untuk menutupi aksi penipuannya, supaya tidak ketahuan bahwa mereka bukan akun resmi.

Untuk diketahui, melihat jumlah pengikut adalah salah satu cara mengecek apakah akun tersebut adalah, misalnya milik sosok terkenal sungguhan.

Baca juga: Deretan Smartphone Ini Memiliki Baterai Terbaik di 2022

Terakhir, Youtube memperbaiki setelan untuk moderasi komentar. Pengguna bisa menyalakan pilihan meninjau komentar dan memperketat penyaringan (filter).

Pada satu sisi, cara ini diyakini bisa mengurangi komentar penipuan (scam). Tapi, pada sisi yang lain, penyaringan ini bisa menimbulkan komentar positif yang berlebihan.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode