SOLOPOS.COM - Pelatih Kepala Persis Solo, Rasiman, mengarahkan pemain Persis Youth dalam Waamal Bintuka FC (WBFC) di Stadion UNS Solo pada Kamis (31/3/2022). (Istimewa/Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo Youth kembali menang, kali ini dengan skor 4-2 saat menjajal Waamal Bintuka FC (WBFC) di Stadion UNS, Solo, pada Kamis (31/3/2022).

Laga itu merupakan laga kedua setelah sebelumnya Persis Solo Youth menang dengan susah payah dengan skor 4-3 pada Rabu (30/3/2022).

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Baca Juga: Persis Solo Siap Berkolaborasi dengan Askot PSSI Solo Asal…

Pertandingan dimulai dengan serangan cepat di menit pertama dari pemain WBFC setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persis Solo Youth. Riki melakukan tendangan langsung namun masih bisa diamankan oleh Aditya Gede.

Lima menit berselang, Persis Solo Youth melakukan serangan balasan melalui sisi tengah menuju Althaf yang berada di situasi 1 on 1 dengan kiper. Upaya Althaf masih terlalu melebar dari gawang lawan.

Menit kesembilan, Arkhan Kaka melakukan penetrasi dari sisi kiri lapangan dan memberikan umpan langsung ke area berbahaya pemain lawan. Althaf tanpa penjagaan berhasil menerima bola dan sukses melakukan penyelesaian tepat ke arah jala lawan. Keunggulan untuk Persis Solo Youth menjadi 1-0.

Kedua tim menunjukkan permainan sengit di area lapangan tengah, memasuki menit ke-15 Arkhan yang mencoba melakukan operan dari sisi tengah mengalami tabrakan dengan pemain lawan. Dua menit berselang, Valeron mendapatkan ganjaran kartu kuning setelah melakukan tekel keras ke pemain lawan.

Baca Juga: Hugo Samir Sebut Persis Solo Punya Akademi Sepak Bola Terjamin

Pertengahan paruh pertama, Persis Solo Youth membangun serangan melalui umpan lambung dari lini belakang langsung menuju area pertahanan lawan. Hasilnya terlihat di menit ke-24 setelah Faqih melakukan umpan menyisir lapangan tengah menuju Arkhan Kaka di area pertahanan lawan. Arkhan berhasil lepas dari penjagaan dan melakukan tendangan langsung ke arah gawang untuk menambah keunggulan Persis Solo Youth menjadi 2-0.

Tertinggal 0-2, Waamal Bintuka FC beberapa kali melakukan serangan lewat tendangan langsung dari tengah lapangan. Memasuki menit ke-30, Riki melakukan tendangan spekulasi dari sisi tengah namun membentur mistar gawang.

Menit ke-38, Persis Solo Youth melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Romadona menggantikan Pandu.

Pada pengujung babak pertama, Persis Solo Youth melakukan serangan melalui skema tendangan bebas dari Faqih menuju Dicky, namun penyelesaian dari Dicky masih bisa dihalau oleh penjaga gawang lawan. Keunggulan 2-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Pada awal babak kedua Persis Solo Youth memasukkan Nadhif menggantikan Arkhan Kaka di sisi penyerangan.

Pada menit ke-48, Persis Solo Youth berhasil mendapatkan penalti setelah Romadona dilanggar pemain lawan di area terlarang. Nadhif yang menjadi eksekutor tidak menyianyiakan kesempatan itu dan berhasil menambah keunggulan Persis Solo Youth menjadi 3-0.

Hanya berselang lima menit, pemain WBFC membangun serangan melalui sisi kiri pertahanan Persis Youth. Adriano berhasil melakukan akselerasi dan mengumpan bola ke area tengah, dengan tenang Dani Yoku berhasil menyambar bola untuk memperkecil ketertinggalan timnyan menjadi 1-3.

Baca Juga: 12 SSB Lolos Verifikasi Sinergi Akademi Sambernyawa

Persis Solo Youth kembali melakukan pergantian pemain di menit ke-64 dengan memasukkan Athallah, Aji Fajri, dan Noval menggantikan Valeron, Firman, dan Dicky.

Keunggulan untuk Persis Youth semakin bertambah di menit ke-68. Athallah yang melakukan tendangan langsung ke arah gawang tidak dapat ditepis dengan sempurna oleh penjaga gawang lawan. Nadhif yang berada di posisi kosong berhasil menyelesaikan kesempatan dan mengubah skor menjadi 4-1.

Pada menit ke-79, WBFC membangun serangan dari sisi kanan melalui Adriano yang mencoba mengumpan ke area tengah. Namun, aliran bola berhasil disapu oleh Aditya Gede.

WBFC melakukan penetrasi dari sisi kiri dan berhasil melambungkan umpan ke area pertahanan Persis Youth pada menit ke-82. Dani Yoku kembali berhasil menyelesaikan bola menuju ke jala gawang dan memperkecil ketertinggalan menjadi 4-2.

Memasuki menit ke-88, terjadi kemelut di area pertahanan Persis Youth dan menyebabkan Adhitya Gede dan Noval harus ditarik keluar digantikan oleh Aji Bijaksana dan Khanza.

Menuju akhir laga, Nadhif berada di situasi berhadapan dengan kiper setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang lawan. Upaya Nadhif masih gagal dan bisa diselamatkan oleh penjaga gawang lawan. Hingga babak kedua usai skor tidak berubah dan hasil akhir 4-2 untuk kemenangan Persis Solo Youth.

Lawan lebih siap

Seusai pertandingan, Pelatih Kepala Persis Youth, Rasiman, menyatakan pertandingan uji coba kali ini benar-benar menjadi permainan yang berat secara mental, teknik dan fisik. Kesiapan tim lawan juga jauh lebih baik karena sudah bersama selama 3 tahun lamanya.

“Pertandingan yang berat secara physically, technically, dan mentally. Mereka tim pelajar U-15 dan sudah bersama selama tiga tahun lamanya, tentu mereka jauh lebih siap ketimbang kita. Permainan berani dari mereka untuk melakukan penetrasi juga menyulitkan dan membuat pemain kita sering kali tertinggal,” kata Rasiman.



Pada uji coba itu Rasiman mencoba melakukan percobaan pergantian posisi pemain seperti memainkan Althaf di belakang penyerang utama dan memainkan Pandu sebagai winger.

“Pemain bek tengah mereka tidak cukup cepat, sehingga kita mencoba menaruh Althaf agar bisa bergerak bebas di area tengah. Hasilnya terlihat dari dua kesempatan ia berhasil mencetak satu gol,” lanjutnya.

Baca Juga: Turnamen SSB, PRPM Karanganyar dan Tunas Bangsa Kartasura Berjaya

Rasiman juga menyanjung tinggi mental pemain di atas lapangan meskipun di laga pertama sempat tertinggal terlebih dahulu. Aspek lain yang perlu ditingkatkan kedepannya ialah tim harus bisa lebih mematangkan secara teknik permainan agar tim lawan tidak begitu nyaman memainkan bola.

“Saya sangat salut dengan winning mentality dari para pemain, mereka tidak mengalami down meskipun kemarin sempat tertinggal 2-0 terlebih dahulu. Hal lain yang perlu ditingkatkan ialah secara teknik permainan agar kedepannya tim lawan yang dihadapi tidak mengontrol bola dengan nyaman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya