top ear
Pesawat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Rabu (02/05/2019). (Harian Jogja - Desi Suryanto)
  • SOLOPOS.COM
    Pesawat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Rabu (02/05/2019). (Harian Jogja - Desi Suryanto)

Yes! Bandara YIA Kulonprogo Buka Penerbangan Internasional Mulai 16 Agustus

Pengelola Bandara YIA Kulonprogo akan membuka rute penerbangan internasional pada 16 Agustus 2020.
Diterbitkan Jumat, 7/08/2020 - 11:38 WIB
oleh Solopos.com/Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
2 menit baca

Solopos.com, WATES -- PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA di Kapanewon Temon, Kulonprogo, akan membuka rute penerbangan internasional pada 16 Agustus 2020.

Rute internasional tersebut layani AirAsia dengan tujuan Kualalumpur, Malaysia. Rute internasional sebenarnya sempat dibuka di YIA pada 8 Juli 2020, tapi belakangan ditutup kembali.

"Ya 16 Agustus rencananya kami kembali membuka rute penerbangan internasional. Rute ini akan dilayani oleh maskapai AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-YIA dan akan kembali YIA-Kuala Lumpur," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, kepada awak media termasuk wartawan Harian Jogja, Jumat (7/8/2020).

13 Rumah Satu Dukuh di Sragen “Pindah” ke Wilayah Jawa Timur, Begini Ceritanya

Sejauh ini memang belum semua bandara di Indonesia melayani penerbangan internasional. Pembukaan rute internasional di Bandara YIA Kulonprogo diharapkan menjadi awal membuka perekonomian dan pariwisata.

Pandu menjelaskan rute tersebut akan melayani empat kali penerbangan. Dalam sepekan ada dua kali penerbangan, yakni Jumat dan Minggu.

Pada September 2020, Bandara YIA Kulonprogo juga melayani penerbangan internasional untuk rute dari dan ke Singapura. Rute ini dilayani maskapai Tigerair Scoot. Maskapai ini dijadwalkan terbang sepekan penuh.

Pakai Uang Saku, 2 Bocah Sragen Bagi-Bagi Rezeki Lewat Youtube

Jumlah Penumpang Naik 31 Persen

Airport Planning, Safety Health Environment, Quality & Risk Management Senior Manager YIA, Bambang Triyono, mengatakan rata-rata jumlah penumpang di Bandara YIA Kulonprogo kini mencapai lebih dari 3.000 orang per hari. Jumlah ini meningkat dibanding sebelumnya yang berkisar 2.500 orang.

"Jumlah penumpang tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 31% apabila dibandingkan dengan rata-rata trafik penumpang per hari yaitu 2.785 penumpang," ujarnya.

Selama Juni 2020, total penumpang melalui YIA sebanyak 48.806 penumpang, dengan jumlah keberangkatan sebanyak 22.358 penumpang dan kedatangan sebanyak 26.448 penumpang.

Solopos Hari Ini: Subsidi Demi Cegah Resesi

Sementara pada Juli terdapat peningkatan penumpang sebesar 87% dengan total 80.772 penumpang. Sementara, total keberangkatan sebanyak 35.273 dan kedatangan sebanyak 45.499 penumpang.

Dia memaparkan, rute terbanyak yang saat ini beroperasi di YIA adalah rute dari dan menuju Cengkareng, Jakarta (CGK). Pada bulan Juli terdapat 342 pergerakan pesawat untuk rute tersebut.

Kedua adalah rute Balikpapan (BPN) dengan 172 pergerakan dan disusul rute Banjarmasin (BDJ) sebanyak 118 pergerakan. "Ketiga rute ini menjadi rute favorit bagi pengguna jasa di YIA," jelas dia.

Menurutnya, peningkatan ini tak lepas dari kepercayaan publik terhadap pelayanan di Bandara YIA Kulonprogo yang pada masa pandemi Covid-19 menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


Editor : Profile Tika Sekar Arum
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com



berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini