SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus bioskop keliling. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabar baik bagi para pelajar di Karanganyar. Bus bioskop keliling milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar segera menyapa kembali warga di Bumi Intanpari.

Bioskop keliling tersebut sempat tak beroperasi selama dua tahun gara-gara pandemi Covid-19. Untuk mengoptimalkan pelayanan, Dinas Disdikbud tengah melakukan peremajaan pada bus bioskop keliling.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada sedikit perbaikan. Kita percantik lah seperti di cat. Kalau mesinnya masih oke,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Karanganyar, Heri Sutrisno, ketika berbincang dengan Solopos.com beberapa waktu lalu.

Selain dicat, pihaknya juga menata ulang koleksi film yang ditampilkan. Konten film bertema edukasi. Salah satunya konten tentang situs cagar budaya yang menjadi andalannya. Bus hibah dari Kemendikbud pada tahun 2016 itu sempat beroperasi selama beberapa tahun sebelum akhirnya mandek.

Ekspedisi Mudik 2024

Bus bioskop ini memiliki kelengkapan sarana audio visual dan genset untuk menyuplai daya listrik. “Kami biasanya menggelar bioskop keliling saat ada event edukatif,” katanya Heri lagi.

Baca Juga: Cek, 6 SMA/SMK Unggulan di Karanganyar versi LTMPT

Ia berharap dioperasikannya kembali bus bioskop keliling ini mampu mengenalkan masyarakat akan situs-situs bersejarah. Pemutaran film tentang situs-situs cagar budaya Kabupaten Karanganyar ini sekaligus mengajak masyarakat menjaga dan memelihara situs tersebut.

“Oprasional kembali menunggu penganggaran APBD. Mudah-mudahan bisa dikejar di [APBD] Perubahan,” katanya.

Lebih jauh Heri mengatakan setelah bus dihibahkan ke Pemkab Karanganyar, secara otomatis pemeliharaan dan operasionalnya menjadi tanggungan Pemkab. Namun, di APBD tahun ini, dana pemeliahaan dan operasional bus bioskop keliling tidak tidak dianggarkan. Pertimbangannya masih pandemi.

Dengan melihat kondisi pandemi mulai beralih ke endemi, edukasi dari bus bioskop keliling digagas lagi. Ia akan mengusulkan biaya operasional di APBD Perubahan 2022.

Baca Juga: Disdikbud Karanganyar Larang Sekolah Tahan Ijazah Siswa dan Curi Start

“Sejauh ini fasilitas di bus bisa dipakai. Asetnya masih komplet. Sound system-nya kadang dipakai,” katanya.

Nantinya bus bioskop keliling akan roadshow ke sekolah-sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya