Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Yeay, Bakal Ada Wisata Edukasi Geothermal di Kawah Sikidang Dieng

Sumber panas Bumi dari kawah Sikidang kini dimanfaatkan oleh PT Geo Dipa Energi untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sebagai wujud energi baru terbarukan.
SHARE
Yeay, Bakal Ada Wisata Edukasi Geothermal di Kawah Sikidang Dieng
SOLOPOS.COM - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (tengah) mengunjungi Kawah Sikidang Dieng, Sabtu (13/11/2021). (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini memiliki satu telaga air panas kecil dengan air yang selalu mendidih dan lapangan celah gas dengan titik-titik yang selalu berpindah-pindah di dalam suatu lapangan seluas lebih kurang 4 hektare.

Sumber panas Bumi dari kawah Sikidang kini dimanfaatkan oleh PT Geo Dipa Energi untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sebagai wujud energi baru terbarukan. PT Geo Dipa Energi telah membangun small scale di kawasan Kawah Sikidang sebagai power plan PLTP Dieng yang menghasilkan listrik berkapasitas 10 mega watt.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Keberadaan small scale tersebut akan menjadi nilai tambah bagi objek wisata Kawah Sikidang. PT Geo Dipa Energi akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan wisata edukasi geothermal di Kawah Sikidang Dieng.

Baca juga: Wamenkeu Apresiasi PLTP Dieng Pasok Energi untuk Melistriki Jawa-Bali

“Kami akan berkolaborasi dengan pemda mengembangkan wisata edukasi geothermal. Harapannya ke depan wisata edukasi ini menjadi nilai plus sekaligus magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawah Sikidang,” kata Dirut PT Geo Dipa Energi, Riki Ibrahim, saat menemani kunjungan kerja Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, di Kawah Sikidang, Sabtu (13/11/2021).

Menanggung Semua Konsekuensi

Dalam kunjungan kerja tersebut, Wamenkeu, Suahasil Nazara, menegaskan energi baru terbarukan (EBT) merupakan keharusan di masa mendatang. Dia pun mengapresiasi kinerja PT Geo Dipa Energi yang terus melakukan eksplorasi dan eksploitasi EBT di Dieng.

“Pemerintah mendukung penuh EBT ini. Kami dorong dan ikut menanggung semua konsekuensinya dari hulu ke hilir. Karena EBT ini suatu keharusan, kita tidak bisa pilih-pilih,” jelasnya.

Baca juga: Sejuknya Kebun Teh Tambi Jadi Start Pemanasan Sebelum Wisata ke Dieng

Small scale di Kawah Sikidang Dieng adalah salah satu power plan dari proyek pengembangan PLTP Dieng sekaligus berpotensi menjadi objek wisata edukasi. Wamenkeu Suahasil Nazara pun berharap konsep wisata edukasi itu segera terealisasi.

“Senang sekali berkesempatan mengunjungi Kawah Sikidang yang turut dikelola Geo Dipa. Kawasannya tertata rapi dan tetap asri, sehingga memberi nilai tambah. Ke depannya semoga wisata edukasi geothermal ini segera terealisasi,” tandasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode