[ X ] CLOSE

Yayasan Milik Keluarga Cendana Digugat Rp500 Miliar, Berapa Harta Keturunan Suharto?

Sebuah perusahaan asal Singapura, Mitora Pte Ltd, menggungat Yayasan Harapan Kita beserta 3 anggota keluarga Cendana atau keluarga mendiang Presiden Suharto senilai Rp500 miliar.
Yayasan Milik Keluarga Cendana Digugat Rp500 Miliar, Berapa Harta Keturunan Suharto?
SOLOPOS.COM - Danau yang menggambarkan kepulauan Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. (wikipedia.org)

Solopos.com, JAKARTA-- Sebuah perusahaan asal Singapura, Mitora Pte Ltd, menggungat Yayasan Harapan Kita beserta 3 anggota keluarga Cendana atau keluarga mendiang Presiden Suharto ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Tiga anggota keluarga Cendana yang digugat di antaranya Siti Hardianti Hastuti Rukmana atau Mbak Tutut, Sigit Harjojudanto, dan Bambang Trihatmodjo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Mitora adalah sebuah perusahaan konsultan asal Singapura. Sementara Yayasan Harapan Kita adalah salah satu yayasan yang mengelola Taman Mini Indonesia Indah. Mitora mendaftarkan gugatannya pada tanggal 8 Maret 2021 dengan nomor gugatan 146/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst.

Baca Juga: Bus Masuk Jurang Di Sumedang Karena Rem Blong, Ini Kesaksian Korban Selamat

Adapun dalam petitum gugatannya, pihak Mitora meminta manjelis hakim mengabulkan gugatannya beserta sejumlah tuntutan lainnya.Pertama, menyatakan bahwa para tergugat, telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Kedua, menyatakan sah dan berharga sita jaminan sebidang tanah dan bangunan beserta yang terletak di Jalan Yusuf Adiwinata No. 14, Menteng, Jakarta Pusat. Ketiga, menghukum para tergugat secara tanggung renteng untuk membayar kewajiban Rp84 miliar dan kerugian immateriil sebesar Rp500 miliar. Keempat, menghukum Yayasan Harapan Kita dan Mbak Tutut Cs untuk melaksanakan putusan itu.

Di akhir petitumnya, pihak Mitora juga meminta hakim untuk menghukum para tergugat untuk membayar seluruh biaya yang timbul dari perkara ini secara tanggung renteng.

Adapun, selain nama tiga keluarga Cendana, dalam gugatan itu juga disebutkan nama pihak lainnya. Mereka adalah Soehardjo Soerbakti, Sekretariat Negara (Setneg), Pengurus Taman Mini Indonesia Indah, dan Kantor Pertanahan Jakarta Pusat.

Baca Juga: Disebut Abal-Abal, Penggagas KLB Demokrat Serang Balik SBY Dan AHY

Masuk Daftar Orang Terkaya di Tanah Air

Keturunan Suharto pernah masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, yakni Bambang Trihatmodjo, Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut), dan Hutomo Mandala Putra (Tommy). Mereka aktif di bidang seperti properti dan berbagai usaha lain.

Menurut daftar yang dirilis Globe Asia pada 2018 lalu, total harta anak-anak Soeharto ini memiliki harta yang melebihi USD1,125 miliar atau sekitar Rp16,25 triliun. Berikut empat anak Soeharto dan perkiraan harta yang dimiliki seperti dilansir dari Liputan6.com.

Baca Juga: 3 Polisi Dinonaktifkan, Pembunuh Laskar FPI?

1. Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut)

Siti Hardijanti Rukmana, atau akrab disapa Mbak Tutut, merupakan putri pertama sekaligus anak pertama dari Keluarga Cendana.

Harta wanita berusia 73 tahun ditaksir mencapai USD 205 juta atau sekitar Rp2,9 triliun. Menurut Globe Asia, kekayaan Tutut berasal dari bidang properti, pengelolaan jalan tol hingga investasi.

Baca Juga: Soal KLB Partai Demokrat, Ini Permintaan SBY Ke Jokowi...

2. Bambang Trihatmodjo

Bambang Trihatmodjo terkenal lebih low-profile, meskipun sempat menarik perhatian media massa ketika ia menikahi Mayangsari.

Pada 2018 Bambang muncul di daftar orang-orang terkaya Indonesia, tepatnya di peringkat 124 dengan taksiran kekayaan mencapai US$250 juta atau sekitar Rp3,6 triliun. Menurut Globe Asia seperti dilansir Liputan6.com, kekayaan Bambang berasal dari PT Asriland yang bergerak di bidang properti.

3. Hutomo Mandala Putra (Tommy)

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto berada di peringkat 60 dengan harga yang ditaksir US$670 juta atau sekitar Rp9,7 triliun pada 2018.

Bila dilihat sejarahnya, sudah banyak bisnis-bisnis yang dikelola Tommy berkat statusnya sebagai anggota keluarga Cendana, mulai dari mobil nasional dan cengkeh. Sekarang, hartanya berasal di bidang properti lewat Humpuss Group yang memiliki sejumlah hotel.

Baca Juga: Bus Masuk Jurang Di Sumedang Karena Rem Blong, Ini Kesaksian Korban Selamat

4. Sigit Harjojudanto (Sigit)

Pria berusia 69 tahun ini adalah anak kedua mantan Soeharto. Sigit Harjojudanto dikenal sebagai seorang pengusaha sekaligus tokoh olahraga

Sigit diestimasikan memiliki aset US$455 juta dari berbagai usaha yang digelutinya, sama seperti Tutut.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago