Yang Tertib Lur! Tilang Elektronik Diberlakukan di Klaten 23 Maret

Siap-siap, jajaran Polres Klaten akan memberlakukan tilang elektronik di Klaten, Selasa (23/3/2021).
Yang Tertib Lur! Tilang Elektronik Diberlakukan di Klaten 23 Maret
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemantauan kamera CCTV dalam penerapan tilang elektronik (Antara-I.C. Senjaya)

Solopos.com, KLATEN -- Jajaran Polres Klaten akan memberlakukan tilang elektronik alias electronik traffic law enforcement (ETLE) di Klaten, Selasa (23/3/2021).

Penerapan ETLE dibarengi pemasangan kamera closed circuit television (CCTV) di sejumlah lokasi. Saat peraturan ini berlaku, pelanggaran lalu lintas bisa dipantau lewat kamera CCTV.

Penerapan tilang elektronik mengakibatkan polisi meniadakan cegatan di satu lokasi atau razia yang bersifat statis di satu lokasi di Klaten. Hal tersebut disampaikan Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, saat ditemui wartawan di Polsek Gantiwarno, Jumat (19/3/2021) sore.

Baca juga: Keren! Mahasiswa Solo Ini Bisa Beli Mobil Baru Dari Gaji Sebagai Pemain Esports

Saat ini, Satlantas Polres Klaten telah memasang kamera CCTV di dua lokasi yang memang diproyeksikan mendukung tilang elektronik tersebut. Masing-masing berada di perempatan Bendogantungan, Kecamatan Klaten Selatan dan perempatan Srago, Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah.

"Saat ini masih dibahas dan sudah disiapkan tilang elektronik. Ada dua kamera CCTV. Setiap pelanggar peraturan lalu lintas akan ditilang sesuai rekaman kamera CCTV. Nanti, akan diklarifikasi anggota lebih lanjut," kata AKBP Edy Suranta Sitepu.

Dia mengatakan dengan diberlakukannya tilang elektronik di Klaten, polisi meniadakan cegatan di satu lokasi alias razia secara statis di satu lokasi.

Baca juga: Tak Banyak Yang Tahu, Begini Makna Filosofi Seni Tayub Khas Sragen

Kamera Khusus di Helm

Selain mengandalkan kamera CCTV, terdapat lima anggota polisi yang bakal dilengkapi kamera khusus di helm yang berpatroli secara mobile. "Sementara ini, disiapkan lima helm. Ke depan, akan ditambah lagi," ujar dia.

AKBP Edy Suranta Sitepu menegaskan setiap pelanggar yang tertangkap kamera CCTV tak akan bisa mengelak. Hasil rekaman kamera CCTV akan menjadi dasar dikeluarkannya surat tilang elektronik di Klaten.

Baca juga: Perempuan Berusia 40 Tahun Ke Atas Wajib Peduli Ini

Kapolres mengingatkan tidak ada kalangan yang bisa terbebas dari sanksi jika terbukti melanggar dan tertangkap kamera CCTV.

"Jadi nanti, setiap pelanggar lalu lintas tak ada yang bisa mengelak. Mau siapa pun itu, baik anggota polisi, pejabat, semuanya. Harapan dari penerapan tilang elektronik ini, yakni agar seluruh elemen masyarakat di Klaten taat peraturan lalu lintas tanpa harus diawasi polisi. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas timbul dengan baik," tegas dia.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago