Yang Mau ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Jalan Lagi... Catat Jadwalnya

PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.
Yang Mau ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Jalan Lagi... Catat Jadwalnya
SOLOPOS.COM - Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur. (detikcom)

Solopos.com, BANYUWANGI — PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta. Kebijakan itu untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

Namun, pengoperasian kembali KA Mutiara Timur itu masih terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Vice President KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Broer Rizal, menyatakan pengoperasian KA Mutiara Timur untuk memberikan pilihan kereta api sesuai jam operasional.

Baca Juga : Pemilik Channel Aktual TV Ditahan, 765 Konten Hoaks Bermotif Ekonomi

Selain itu, Daop 9 Jember berharap Mutiara Timur bisa memfasilitasi wisatawan yang ingin ke Banyuwangi dan Yogyakarta maupun sebaliknya. Namun, KA Mutiara Timur belum akan beroperasi penuh.

“Untuk sementara KA Mutiara Timur hanya beroperasi dua hari dalam sepekan, yakni Jumat dan Minggu saja. Dimulai tanggal 15, 17, 22, 24, 29 dan 31 Oktober 2021,” kata Broer seperti dilansir detikcom, Jumat (15/10/2021).

Selain KA Mutiara Timur, Daop 9 juga mengoperasikan kereta api lain, seperti KA Ranggajati rute Jember-Cirebon dan KA Wijayakusuma rute Ketapang-Cilacap. Dua kereta api itu beroperasi setiap hari mulai Kamis (7/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021).

Baca Juga : PT Inka Madiun Selesaikan 31 Train Set LRT Jabodebek, Siap Menjajal?

Broer mengingatkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh. Beberapa syarat yang dimaksud, menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 minimal satu dosis.

“Data vaksinasi Covid-19 akan otomatis muncul pada layar komputer saat petugas boarding memeriksa. KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding,” jelasnya.

Jika keterangan vaksinasi Covid-19 tidak muncul pada aplikasi PeduliLindungi maka pengecekan dilakukan secara manual. Penumpang cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada petugas boarding.

Baca Juga : Pohon dan Ijuk Penutup Tak Ketemu, Gimana Nasib Sendang Kuncen Madiun?

Syarat berikutnya, surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. PT KAI sudah mengizinkan penumpang dengan usia di bawah 12 tahun.

“Meskipun persyaratan lengkap, apabila suhu tubuh saat proses bording melebihi 37,3 derajat Celsius atau sedang sakit maka penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan. Tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian 100 persen sesuai harga tiket,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y. Bramuda, menyambut baik pengoperasian KA Mutiara Timur rute Banyuwangi-Yogyakarta. “Tentu kami menyambut baik perjalanan kereta api ke Banyuwangi. Ini membuat pemulihan wisata semakin cepat,” ujar dia.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago