SOLOPOS.COM - Petugas bioskop yang curhatnya viral di Twitter. (Twitter/@rracuntikusss).

Solopos.com, JAKARTA -- Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengatakan bioskop akan kembali buka mulai Rabu (29/7/2020) mendatang. Pembukaan bioskop dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

GPBSI ini mewakili para pengusaha bioskop yang terdiri atas Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex. Bioskop-bioskop tersebut umumnya ada di setiap mal di Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua GPBSI Djonny Syafruddin mengatakan pengusaha mal perlu waktu hingga tiga pekan lamanya untuk mempersiapkan protokol kesehatan dalam bioskop jelang buka.

Redenominasi Rupiah Berlanjut, Rp1.000 Bakal Jadi Rp1

"Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk dapat kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020, secara serentak di seluruh Indonesia," kata dia dalam keterangan resmi yang dikutip Detik.com, Selasa (7/7/2020).

Tiga pekan persiapan bioskop buka tersebut akan dimanfaatkan untuk memastikan sejumlah hal. Di antaranya, persiapan materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop.

Selain itu, proses edukasi dan pelatihan internal terkait penerapan protokol kenormalan baru kepada seluruh karyawan. Pengelola bioskop juga perlu melakukan komunikasi kepada rumah-rumah produksi terkait kesiapan film serta materi promosi yang akan dilakukan saat bioskop buka.

213 Peserta Lolos PPDB SMAN Solo Pakai Surat Domisili, Terbanyak SMAN 6

Tak Pakai Masker Tak Boleh Masuk

Sejauh ini, protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh bioskop diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020. SK yang berlaku di lingkungan DKI Jakarta tersebut mensyaratkan maksimal penonton bioskop hanya 50%.

Dalam SK itu, penggunaan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer wajib dilakukan karyawan dan penonton saat bioskop buka. Selain itu, menjaga jarak juga wajib dilakukan, baik oleh karyawan bioskop maupun pengunjung.

Live Instagram Tersendat, Jerinx SID Salahkan Elit Global Lagi?

Pengelola bioskop wajib menyediakan hand sanitizer. Pengelola juga diminta untuk tidak melayani pengunjung yang datang tidak menggunakan masker.

Sementara itu, di Soloraya ada enam mal yang memiliki fasilitas bioskop, yakni Solo Grand Mall (SGM), Solo Square, dan Solo Paragon Mall. Selanjutnya, The Park Mall Solo di Solo Baru Sukoharjo, Hartono Mall Solo Baru Sukoharjo, dan Transmart Pabelan Sukohajo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya