SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan 5G. (Istimewa/Forbes)

Solopos.com, SOLO — Salah satu perusahaan penyedia jaringan seluler di Indonesia, XL, sudah melakukan uji coba teknologi jaringan 5G di Indonesia. Namun, XL mengaku masih dalam tahap proses untuk melakukan uji coba teknologi jaringan generasi kelima tersebut.

Dikutip dari Detik.com, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan banyak hal yang perlu dilakukan untuk membangun jaringan 5G di Indonesia, salah satunya soal spektrum atau rangkaian jaringan berkesinambungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebelumnya sudah menjelaskan bahwa mereka tengah menyiapkan uji coba teknis pada beberapa frekuensi seperti 26 GHz dan 3,5 GHz untuk teknologi jaringan 5G.

Bukan hanya masalah spektrum, infrastruktur pendukung teknologi jaringan tersebut juga harus dubangun. "Nah kuncinya apabila spektrum dan infrastrukturnya sudah dibenahi. Seberapa cepat? Kalau sudah dipenuhi seperti ayam dan telur. Jadi yang mungkin tidak dipikirkan akan keluar," ujarnya di acara Telco Outlook 2020 Selular Business, Jakarta Selatan, Senin (2/12/2019).

Ia tak ingin Indonesia tertnggal dari negara lain untuk masalah teknologi jaringan internet. "Kalau kita tunggu bisnisnya keluar ya ketinggalan," tambahnya.

Salah satu yang menjadi kunci adalah model bisnis untuk teknologi jaringan 5G yang dinilai harus menerapkan infrastuktur sharing sehingga Indonesia bisa membangun jaringan yang mumpuni.

"Kalau untuk frekuensi di 28 Ghz hanya untuk kapasitas ya, coverage pasti harus 3,5 GHz atau di bawah itu. Tapi bagaimana caranya, Indonesia kalau dari Sabang sampai Merauke kalau enggak pakai satelit susah. Tapi pasti ada caranya," pungkas Yessie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya