SOLOPOS.COM - XL Axiata-Huawei beri solusi broadband 4G di area terpencil. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — XL Axiata bersama Huawei Indonesia melaksanakan uji coba solusi broadband nirkabel Huawei Rural Star Pro dengan fitur utama LTE for backhaul. XL Axiata berusaha membangun jaringan 4G dan menyediakan layanan Internet cepat hingga ke area-area terpencil di berbagai provinsi Indonesia.

Uji coba telah dilakukan di Kalimantan dan terbukti dapat menjadi solusi untuk memperluas koneksi broadband ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini sering terkendala dengan persoalan terkait akses backhaul yang terbatas.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Upaya penyediaan layanan internet di area-area terpencil di berbagai penjuru negeri ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia digital.

Baca Juga : XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan solusi Huawei Rural Star Pro ini sukses diujicobakan di salah satu area terpencil di Kalimantan. “Teknologi ini akan menjadi alternatif solusi bagi kami untuk memperluas jaringan 4G ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini kami sering menghadapi persoalan terkait dengan akses backhaul yang terbatas,” paparnya dalam rilis, Senin (4/10/2021).

Setelah proses instalasi Rural Star Pro selesai dilakukan, backhaul LTE dapat terhubung secara otomatis ke situs host. Selama uji coba, jarak antara stasiun relay dengan lokasi host sekitar 31 kilometer. Bandwidth transmisi downlink mendukung hingga 106 Mbit/detik, yang memenuhi persyaratan bandwidth L900.

Huawei Rural Star Promenghadirkan terobosan pada desain radio base station dengan kemampuan mengintegrasikan baseband, perangkat pemancar radio, dan sekaligus LTE for backhaul nirkabel, pada satu modul.

Baca Juga : Lebaran Tanpa Mudik Bikin Trafik Data XL Axiata Naik 35%

Dengan konsep LTE for backhaul ini spektrum operator yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan akses radio perangkat pengguna atau radio akses dapat digunakan juga untuk menyediakan akses antarradio base station (backhaul). Fitur ini mampu menekan biaya sewa transmisi yang sebelumnya dikeluarkan operator seperti pada penggunaan microwave dan satelit.

Account Director of Huawei Indonesia XL Account, Catherine Guan mengatakan, Huawei memiliki komitmen jangka panjang untuk berkolaborasi dengan mitra di Indonesia, yaitu XL Axiata.

“Ini untuk mempercepat inklusi digital untuk menghubungkan masyarakat yang selama ini masih sulit terjangkau layanan Internet, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya