SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu hingga H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kondisi arus lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu, Karanganyar, hingga H+1 Lebaran masih lengang. Belum terjadi peningkatan volume kendaraan menuju kawasan wisata tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, arus lalu lintas di jalur Tawangmangu terpantau ramai lancar. Kepadatan arus lalu lintas hanya terlihat di simpang tiga Keprabon. Di simpang tersebut terjadi pertemuan arus kendaraan dari arah Karangpandan menuju Ngargoyoso dan sebaliknya, serta dari Karangpandan ke Tawangmangu dan sebaliknya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara arus lalu lintas di simpang tiga Kelurahan Tawangmangu terpantau lancar. Begitu pula arus lalu lintas di Pasar Tawangmangu juga ramai lancar.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto mengatakan kondisi lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu masih lancar, meski terjadi peningkatan kendaraan yang melintas.

“Hingga H+1 Lebaran ini terpantau ramai lancar. Ada peningkatan tapi belum tinggi,” kata dia saat dijumpai di Pospam Pasar Tawangmangu pada Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Keracunan Massal Solo: Ambulans Meraung, Korban sampai Karanganyar

Pengalihan Arus

Arus lalu lintas di kawasan wisata akan mengalami lonjakan pada H+2 hingga H+5 Lebaran. Polres Karanganyar telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur wisata yang diterapkan mulai hari ini.

Di simpang Sumokadu, kendaraan pribadi menuju Tawangmangu dialihkan melalui BIP-Hotel Nava- Grogojan Sewu-Cicoa-jalan tembus Tawangmangu dan Sarangan.

wisata tawangmangu
Kondisi arus lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu hingga H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Sementara arus lalu lintas untuk kendaraan pribadi dari Tawangmangu ke Solo dialihkan melalui jalur Matesih. Rekayasa arus lalu lintas diberlakukan mulai pukul 10.00 sampai arus lalu lintas lancar atau situasional.

Sedangkan bagi kendaraan bus, truk dan sepeda motor tetap menggunakan jalur utama Tawangmangu. Dikatakannya rekayasa lalu lintas di jalur menuju kawasan wisata diberlakukan dengan menempatkan personil di sejumlah titik seperti Simpang 4 Gardu, Karangpandan; Simpang 3 Polsek Matesih, Simpang Sumokadu, Simpang 3 Pojok, dan Simpang 4 BIP Tawangmangu.

Baca juga: Kronologi Keracunan Massal di Pucangsawit Solo – Karanganyar

Personel akan memantau kondisi di jalur-jalur tersebut. Apabila ditemukan pergerakan kepadatan lalu lintas di kawasan wisata, maka sistem lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan diberlakukan.

“Rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional. Kalau sudah mulai padat maka diberlakukan pengalihan arus lalu lintas,” kata dia.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo memastikan objek wisata di Kabupaten Karanganyar aman untuk dikunjungi. Objek wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso mengalami peningkatan mulai H+1 Lebaran. Masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar Karanganyar berbondong – bondong menuju wisata di lereng Gunung Lawu tersebut.

Baca juga: Kondisi Masjid Madaniyah Karanganyar Seusai Salat Id, Penuh Sampah!

Sebagai langkah antisipasi, Kapolres memerintahkan penebalan kekuatan personil pengamanan di titik rawan kemacetan seperti persimpangan, pusat perbelanjaan, pusat oleh – oleh, dan pintu masuk objek wisata.

“Selain dengan strategi rekayasa arus lalu lintas, kami berikan penambahan kekuatan personil di titik – titik yang rawan terjadi kepadatan dan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya