SOLOPOS.COM - Petugas mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua melalui layar monitor di ruang kendali balapan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). (Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA — Konektivitas akses jaringan sangat cepat dan memadai disiapkan untuk penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu dipastikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dijelaskan lebih terperinci, kecepatan akses Internet jaringan 4G untuk aktivitas unggah atau upload berada di kisaran 100 Mbps. Aktivitas unduh atau download di kisaran 25 Mbps. Menteri Kominfo, Johnny G Plate, menjelaskan akses internet jaringan 5G untuk aktivitas unggah berada di kisaran 788 Mbps dan aktivitas unduh berada di kisaran 127 Mbps.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Berdasarkan pengukuran kecepatan, jaringan telekomunikasi yang diberikan sangat cepat dan sangat memadai kebutuhan selama MotoGP Mandalika 2022,” kata dia dalam keterangan resmi yang dilansir, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Wuih, Pebalap MotoGP Mandalika Dapat Cenderamata Bumbu Khas Produk UMKM

Demi menyediakan layanan yang sangat cepat itu, pihaknya menyediakan empat jaringan tulang punggung telekomunikasi, yakni satu jaringan utama dan tiga jaringan yang menjadi cadangan atau back up. Dengan sinergitas antar jaringan tulang punggung itu, membuat akses konektivitas telekomunikasi menjadi lebih cepat.

Meski begitu, Menkominfo meminta masyarakat nantinya dapat memahami jika ada hambatan kelancaran komunikasi karena penggunaan akses jaringan dalam waktu bersamaan oleh banyak orang.

“Walaupun kapasitasnya sudah besar tapi jika digunakan oleh banyak orang secara bersamaan, mungkin akan ada sedikit hambatan, harap dimaklumi,” kata dia. “Ini luar biasa, yang menggambarkan bahwa konektivitas yang dibangun Kominfo saling terhubung dengan baik,” lanjut dia.

Baca Juga: Aleix Espargaro Penuhi Janji Lempar Helm ke Penonton MotoGP Mandalika

Kementerian Kominfo juga memberikan spektrum-spektrum frekuensi khusus tambahan, yaitu dengan memberikan izin sementara di spektrum frekuensi 3,5 Gigabyte (GB) untuk 4G. Adapun, jaringan 5G, Kominfo memberikan izin sementara di frekuensi 2.3 GB yang khusus diberikan untuk ajang Mandalika. “Memberikan layanan izin sementara spektrum frekuensi,” tuturnya.

Semua langkah tersebut, akan terus dilakukan secara optimal dalam beberapa waktu ke depan dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan. Dengan demikian, jaringan telekomunikasi yang bersinergi tersebut dapat saling mendukung satu sama lain.

Hasilnya, jaringan telekomunikasi yang berada di seluruh Indonesia, termasuk di Mandalika dapat dilakukan secara optimal serta dipergunakan untuk kegiatan produktif oleh seluruh elemen masyarakat di manapun. “Konektivitas jaringan telekomunikasi berikutnya di masa mendatang kita optimistis akan lebih baik,” lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jaringan Internet di MotoGP Mandalika Lemot, Ini Penjelasan Menkominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya