Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Kirab Budaya Semanggi mengusung Rajamala, canthik perahu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang konon digunakan untuk mengeksplorasi Sungai Bengawan Solo. (Istimewa/Pemkot Solo)
Espos Plus Soloraya

Wulayu atau Semanggi Konon Dermaga Besar di Sungai Bengawan Solo

Kawasan Semanggi di tepi Sungai Bengawan Solo konon memiliki dermaga besar yang menjadi jalur transportasi masa klasik dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur, dimana salah satu sungai terpanjang di Indonesia itu pada era lampau lebih dikenal dengan nama Ci Wulayu atau Bengawan Semanggi. 

Solopos.com, SOLO — Kawasan Semanggi di tepi Sungai Bengawan Solo konon memiliki dermaga besar yang menjadi jalur transportasi masa klasik dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur, dimana salah satu sungai terpanjang di Indonesia itu pada era lampau lebih dikenal dengan nama Ci Wulayu atau Bengawan Semanggi. 

Berdasarkan laporan Francois Valentyn (1726), setelah nama Sala atau Solo populer menjadi sebutan Surakarta, nama Bengawan Semanggi dan Ci Wulayu mulai ditinggalkan. Orang-orang lebih mengenal sungai terpanjang di Pulau Jawa itu sebagai Bengawan Solo. 

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode