SOLOPOS.COM - Kepala SMK Warga Solo, Darmanta. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Yayasan Pendidikan Warga Solo akan memberikan fasilitas khusus bagi peserta didik baru (PDB) yang masuk ke unit-unit pendidikan yayasan tersebut melalui jalur prestasi pada tahun akademis (TA) 2021-2022.

Unit pendidikan di Yayasan Pendidikan Warga mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Sekolah Tinggi Teknologi (STT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala SMK Warga, Darmanta, saat diwawancarai Solopos.com di sekolah tersebut, Jl Kolonel Sutarto Nomor 81 Jebres, Senin (8/3/2021), mengatakan ada beberapa jalur yang dibuka terkait penerimaan PDB tahun ajaran depan.

Baca Juga: Walah, Pasien Covid-19 Ngamuk di RS Wonogiri, Polisi Sampai Turun Tangan

Ekspedisi Mudik 2024

Pertama yakni jalur internal, yang diperuntukkan calon peserta didik dari unit-unit pendidikan di Yayasan Pendidikan Warga Solo. “Unit kami mulai dari playgroup, TK, SD, SMP, SMA/SMK hingga sekolah tinggi [STT],” tuturnya.

Bagi mereka sudah disiapkan fasilitas-fasilitas yang akan menguntungkan para peserta didik baru. Fasilitas khusus juga diberikan kepada peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi, baik akademis maupun nonakademis.

Siswa Berprestasi

Yayasan memberikan kuota lima siswa berprestasi akademis untuk masuk dan mendapatkan fasilitas khusus di setiap unit pendidikan. Mereka diharapkan mendaftarkan diri sebelum akhir April 2021 karena akan diseleksi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Semarang Besok, Satlantas Sisir Lubang Jalan

Sedangkan jalur prestasi nonakademis ada 10 kuota yang bisa diisi di SMK di bawah naungan Yayasan Pendidikan Warga Solo. Calon siswa yang berprestasi di bidang kesenian dan bidang lainnya yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan lembaga pemerintahan bisa mengambil jalur ini.

Khusus peserta didik baru yang diterima dari jalur prestasi akademis di SMK Warga akan mendapat fasilitas istimewa free SPP setahun dan dana pendidikan. Menurut Darmanta, fasilitas itu akan sangat membantu peserta didik.

Biaya SPP per bulan SMK Warga Rp600.000. Artinya bila bebas SPP 12 bulan angkanya mencapai Rp7.200.000. “Ditambah dana pendidikan. Ini sangat membantu anak-anak berprestasi yang masuk,” paparnya.

Baca Juga: Duh Cantiknya! Ini Gaya Selvi Ananda Saat Pimpin Rapat PKK Solo

Subsidi Dana Pendidikan

Sedangkan fasilitas khusus bagi 10 siswa berprestasi nonakademis yang masuk ke SMK Warga yaitu subsidi dana pendidikan Rp1 juta dan SPP Rp100.000 per bulan dalam setahun. Fasilitas itu berlaku di tiga jurusan yang ada.

“Kami juga memberikan fasilitas subsidi dana pendidikan Rp1 juta dan subsidi SPP Rp100.000 kepada peserta didik yang masuk dari jalur keluarga tidak mampu. Ada 10 kuota yang kami siapkan untuk siswa di jalur ini,” katanya.

Baca Juga: Boyolali Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Pertengahan Maret 2021

SMK Warga di bawah naungan Yayasan Pendidikan Warga mempunyai tiga jurusan yaitu permesinan, teknik kendaraan ringan dan teknik elektronika industri. SPP jurusan teknik elektronika Rp350.000 per bulan, jurusan mesin dan kendaraan ringan Rp600.000.

“Ketiga jurusan dapat akreditasi A. Tahun 2020 kami dapat bantuan pemerintah berupa center of excellence pusat keunggulan yang dipercayakan kepada SMK Warga. Di Indonesia hanya 400 an lebih dapat bantuan,” urainya.

Pendaftaran peserta didik baru sekolah-sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Warga Solo bisa klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya