SOLOPOS.COM - Logo Jateng Gayeng. (Twitter)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai Provinsi Terinovatif. Penghargaan itu diraih dalam ajang Innovative Government Awards (IGS) 2020 yang digelar Kementerian Dalam Negeri.

Trofi penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Plh Sekda Jateng, Aribowo, pada malam puncak IGA yang digelar di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain sebagai provinsi terinovatif, ada dua kabupaten di Jawa Tengah yang mendapat penghargaan serupa, yakni Wonogiri dan Temanggung.

Tampil dengan Alis Super Tebal, Pria Viral Jogja Widodo Redmi Kini Terima Endorse 

Mendagri Tito Karnavian mengatakan IGA merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah menyelenggarakan pemerintahan yang inovatif. Adapun hadiah yang diterima bagi pemenang bukan hanya trofi penghargaan, tetapi juga dana insentif.

“Pemerintah daerah harus melakukan inovasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Kemudian, pemerintah pusat akan melakukan penilaian dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah,” papar Tito seperti dikutip dari Jatengprov.go.id, Sabtu (19/12/2020).

Karantina Pemudik dan Wajib Rapid Test Antigen Bagi Wisatawan Solo Berlaku Mulai 20 Desember

Apresiasi ini diharapkan memotivasi pemerintah daerah untuk terus berinovasi. Khususnya di bidang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, serta pembangunan.

Penentuan Jawa Tengah sebagai provinsi terinovatif ini melalui sederet tahap penilaian yang ketat. Ketua Penyelenggara IGA 2020, Agus Fatoni, menjelaskan proses penilaian penentuan pemenang penghargaan tersebut melibatkan tim penilai dari berbagai instansi, akademisi, dan tokoh/ pakar inovasi daerah.

“Tahapan penilaian yang sangat ketat, berlangsung dari Mei tahun 2020. Tahapan penilaian tahap akhir, berupa presentasi kepala daerah dilaksanakan pada 4 sampai 5 November 2020 secara virtual. Hal tersebut meliputi penjaringan, pengukuran indeks, presentasi, dan validasi serta penghargaan,” kata Agus.

Diduga Ban Selip, Begini Kronologi Kecelakaan Mobil Yang Terbakar Hingga Sopir Meninggal Di Tol Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya