SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WTA FINALS 2015 yang bakal digelar di Singapura tanpa Serena.

Solopos.com, SINGAPURA— Laga pamungkas WTA Finals 2015 memang masih menyisakan tiga tempat tersisa untuk diperebutkan. Namun demikian, teka-teki siapa yang bakal bersinar di Singapura, akhir Oktober nanti, sudah panas. Ajang ini jadi kesempatan munculnya bintang baru mengingat turnamen terakhir WTA Tour tak akan dihadiri sang ratu tenis, Serena Williams.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, petenis nomor satu dunia itu memilih absen lantaran kelelahan setelah melakoni jadwal yang sangat padat. Tanpa Serena untuk kali pertama dalam empat musim terakhir, ajang ini terasa kurang gereget. Di sisi lain, ini menjadi peluang besar bagi delapan petenis terbaik dunia untuk unjuk gigi.

Dilansir wtatennis.com, Selasa (20/10/2015), sepeninggal Serena, sudah ada lima nama yang berhak tampil di Singapura pada 25 Oktober hingga 1 November. Simona Halep memimpin di baris terdepan, diikuti bintang muda Spanyol, Garbine Muguruza, Maria Sharapova, Petra Kvitova, dan Agnieszka Radwanska.

Di antara kelima nama, hanya Sharapova dan Kvitova yang pernah juara di WTA Finals. Sharapova menang di musim 2004, sedangkan Kvitova sukses di musim 2011. Bagi Halep ini kali kedua beruntun ia tampil di Singapura. Sementara Muguruza jadi peserta paling minim pengalaman karena untuk kali pertama bisa berada di panggung ini.

Soal pengalaman, Sharapova tak perlu diragukan. Petenis nomor tiga dunia itu sudah malang melintang di dunia tenis profesional sejak 2001. Ini kali kedelapan petenis asal Rusia itu terkualifikasi WTA Finals. Hanya, ia baru saja kembali dari cedera. Ia belum mengayunkan raket sejak Grand Slam Wimbledon 2015, Juni lalu.

Bagi Halep musim 2015 adalah kali kedua ia lolos ke ajang ini. Petenis ranking kedua dunia asal Rumania itu masih memukau sepanjang musim ini dengan mengklaim tiga gelar juara. Sedangkan Kvitova juga merebut tiga titel.

Muguruza bersinar sejak ia jadi runner up Wimbledon 2015. Ia mengawali musim 2015 dengan berada di top 20 besar. Tak butuh waktu lama bagi petenis muda Spanyol ini melejit ke peringkat keempat dunia. Muguruza hadir sebagai peserta debutan di nomor tunggal.

“Saya sudah lolos ke Singapura, tapi di nomor ganda musim lalu. Namun, kali ini berbeda karena saya masuk delapan petenis terbaik. Ini pencapaian yang luar biasa,” papar Muguruza.

Sementara Radwanska cukup konsisten tampil di laga pamungkas ini sejak musim 2011. Catatan terbaik petenis asal Denmark tersebut adalah jadi semifinalis dua kali, yakni musim 2014 dan 2012. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Juara WTA Finals Lima Musim Terakhir:

Tahun. Juara. Runner Up. Skor

– 2014 Serena Williams Simona Halep 6–3, 6–0
– 2013 Serena Williams Li Na 2–6, 6–3, 6–0
– 2012 Serena Williams Maria Sharapova 6–4, 6–3
– 2011 Petra Kvitová Victoria Azarenka 7–5, 4–6, 6–3
– 2010 Kim Clijsters Caroline Wozniacki 6–3, 5–7, 6–3

*Sumber: wtafinals.com. (rid/JIBI)

Simona Halep menjadi salah satu unggulan juara di WTA Tour Finals 2015 di Singapura. Ist/dok

Simona Halep menjadi salah satu unggulan juara di WTA Tour Finals 2015 di Singapura. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya