SOLOPOS.COM - Suasana di dalam Stadion Manahan Solo yang mulai dipadati suporter menjelang kick off penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 antara Persis Solo Vs PSS Sleman, Sabtu (11/6/2022) sore. (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Laga pembuka turnamen pramusim Piala Presiden 2022 resmi dimainkan di Stadion Manahan Solo, Minggu (11/7/2022) sore. Persis Solo vs PSS Sleman menjadi partai perdana laga resmi yang disaksikan langsung ribuan penonton di stadion.

Ada hal menarik yang terjadi saat babak pertama Persis Solo vs PSS Sleman berlangsung. Ribuan suporter di dalam stadion tiba-tiba menyanyikan lagu You’ll Never Walk Alone yang menggema dan terdengar hingga di luar stadion. Ternyata kelompok suporter yang menyanyikan You’ll Never Walk Alone tersebut adalah Surakartans yang berada di tribune B6.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui You’ll Never Walk Alone selama ini identik dengan “lagu kebangsaan” klub Liga Inggris, Liverpool. Suporter klub berjuluk The Reds alias Si Merah tersebut selalu menyanyikan You’ll Never Walk Alone di awal, di tengah, dan akhir pertandingan tim kesayangan mereka. Lagau You’ll Never Walk Alone diyakini menjadi pembakar semangat para pemain untuk berjuang masksimal memberikan yang terbaik. Apa pun hasilnya, baik kalah maupun menang, suporter tetap bersama tim tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Lagu ikonik The Reds tersebut menjadi salah satu yang paling terkenal di sepak bola dan telah diadopsi oleh Celtic, Borussia Dortmund, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: Susunan Pemain Persis Solo Vs PSS Sleman

You’ll Never Walk Alone (YNWA) telah mendunia dan menemani Si Merah sampai menjuarai kompetisi bergengsi antarklub Eropa, Liga Champions, sebanyak enam kali.

Dikutip dari berbagai sumber, You’ll Never Walk Alone ditulis oleh Oscar Hammerstein II dan disusun oleh Richard Rodgers yang dirilis di Amerika Serikat (AS) pada 1945. Setelah terkenal, lagu itu melahirkan sejumlah versi cover.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Jadwal PSIS Semarang di Piala Presiden 2022

Paling sukses adalah ketika Gerry and the Pacemakers pada 1963 menyanyikan ulang lagu tersebut dan meledak di Inggris. Pada waktu hampir bersamaan dengan rilis cover You’ll Never Walk Alone dari Gerry and the Pacemakers, lagu tersebut lantas diadopsi Liverpool FC.

Singkat cerita You’ll Never Walk Alone selalu dinyanyikan para pendukung Liverpool hingga saat ini dan ikonik diakui menjadi “lagu kebangsaan” mereka. Kini Surakartans juga mengadopsi lagu You’ll Never Walk Alone untuk membangkitkan semangat juang pemain Persis Solo dalam setiap laga mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya