SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi pecel keong yang disajikan di Warung Makan Mbak Toen. (Youtube)

Solopos.com, SALATIGA — Jika Anda berkunjung ke Kota Salatiga, tak ada salahnya singgah di Warung Makan Mbak Toen yang menyajikan kuliner khas yang cukup unik, yang sudah sangat terkenal, yakni nasi pecel keong.

Warung Makan Mbak Toen ini sebenarnya terletak di Kabupaten Semarang, tepatnya di Jalan Raya Muncul, Kecamatan Banyubiru. Meski demikian, banyak orang yang lebih mengenal warung yang menyajikan kuliner unik nasi pecel keong ini berada di Salatiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dikarenakan jarak warung ini yang lebih dekat dengan Kota Salatiga dibanding ibu kota Kabupaten Semarang, yakni Ungaran, maupun Kota Semarang. Jarak Warung Makan Mbak Toen dengan pusat Kota Salatiga hanya sekitar 8,7 km atau sekitar 17 menit perjalanan.

Warung Makan Mbak Toen yang terletak tepat di depan kompleks pemandian Muncul ini setiap harinya mampu menghabiskan 10-15 kg keong sawah untuk menyajikan kuliner unik khas Salatiga berupa nasi pecel.

Ekspedisi Mudik 2024

Warung ini cukup terkenal. Bahkan beberapa youtuber yang mengusung tema kuliner atau yang populer disebut Mukbang, pernah singgah dan membuat konten video di warung ini.

Baca juga: Pecel Keong, Kuliner Unik Khas Salatiga

Pantauan Solopos.com dari salah satu kanal Youtube Mukbang, Warung Makan Mbak Toen yang menyajikan kuliner unik khas Salatiga nasi pecel keong ini sudah ada sejak 25 tahun silam. Setiap harinya, warung ini ramai didatangi pembeli.

Bahkan, saking ramainya warung makan ini mampu menghabiskan sekitar 10-15 kg keong sawah untuk menyajikan nasi pecel keong. Tak hanya nasi pecel yang dipadukan dengan daging keong sawah, Warung Makan Mbak Toen ini juga menyajikan nasi pecel yang dipadukan dengan belut goreng, ikan mujair, ayam, dan lain-lain. Untuk belut goreng, setiap harinya warung ini pun mampu menghabiskan sekitar 1000 ekor belut.

Soal rasa, nasi pecel belut yang menjadi andalan warung ini tidak perlu dipertanyakan. Perpaduan sayur-sayuran dengan bumbu pecel dan keong, dijamin memanjakan lidah yang menyantapnya.

Baca juga: Patut Dicoba! Ini 5 Kuliner Legendaris Salatiga

Selain itu, dari segi harga, kuliner unik khas Salatiga berupa nasi pecel keong ini pun cukup terjangkau. Satu porsi nasi pecel keong Warung Makan Mbak Toen ini hanya dibanderol Rp12.500.

Jika Anda berkunjung ke warung jangan lupa untuk mencicipi kuliner lain yakni kolak ketak pisang kepok jawa. Kuliner kolak ketan ini juga menjadi andalan warung makan tersebut selain nasi pecel keong dan nasi pecel belut.

Penasarankan? Selamat mencoba menikmati kuliner unik khas Salatiga berupa nasi pecel keong tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya