SOLOPOS.COM - Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SLEMAN — Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) paling diminati calon mahasiswa pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022. Total jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di UIN Sunan Kalijaga Jogja pada tahun ini mencapai 32.499 orang.

Terbanyak berikutnya ditempati UIN Syarif Hidayatullah sebanyak 31.549 pendaftar, UIN Sunan Gunung Djati sebanyak 28.354 pendaftar dan UIN Walisongo sebanyak 19.582 pendaftar.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga, Iswandi Syahputra, mengatakan data prestasi yang diraih UIN Sunan Kalijaga di tingkat PTKIN terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu bisa menjadikan motivasi bag UIN Sunan Kalijaga Jogja untuk mengembangkan beberapa prodi baru, penambahan dosen dan infrastruktur.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Kampus di Jogja Kini Bersatu Perangi Narkoba

“Analisis kami sementara ini, peningkatan ini terjadi karena raihan Akreditasi Unggul dan promosi, sosialisasi dan mobilisasi di semua saluran media konvensional dan media sosial. Terima kasih atas partisipasi, dukungan dan doa dari semua pihak yang turut serta membesarkan UIN Sunan Kalijaga,” ujarnya.

Selain paling banyak jumlah pendaftar, UIN Sunan Kalijaga juga teratas dalam hal program studi (prodi) paling banyak diminati, meliputi Prodi Manajemen Keuangan Syari’ah dengan jumlah 6.427 pendaftar, Prodi Pendidikan Agama Islam 5.398 pendaftar, Prodi Ekonomi Syari’ah 5.139 pendaftar, Prodi Bimbingan dan konseling Islam 5.084 pendaftar

UIN Sunan Kalijaga menjadi universitas dengan daya saing tertinggi di tingkat PTKIN, yakni 1.100. menyusul 10 besar berikutnya UIN Maulana Malik Ibrahim 1:50, UIN Sunan Gunung Djati 1:33, UIN Syarif Hidayatullah 1:25, UIN Sunan Ampel 1:25, UIN Sultan Syarif Kasim 1:17, UIN Walisongo 1:14, Universitas Singaperbangsa 1:14, UIN Alauddin Makassar 1:10, dan IAIN Metro 1:9.

Baca juga:Kontroversi Disertasi Seks di Luar Nikah, Doktor UIN Sunan Kalijaga Diteror 

UIN Sunan Kalijaga juga ranking satu dalam hal Prodi dengan daya saing tertinggi, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam 1:333, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam 1:333, Prodi Manajemen Keuangan Syari’ah 1:250, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 1:250, Perbankan Syari’ah 1:200, Ekonomi Syari’ah 1:200, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1:167, Akuntansi Syari’ah 1:167.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kampus UIN Jogja Paling Banyak Diminati Calon Mahasiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya