SOLOPOS.COM - Patok berwarna merah putih menjadi calon lahan terdampak tol Solo-Jogja di wilayah Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Foto diambil, Selasa (14/6/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 2.607 bidang lahan yang terdampak proyek strategis nasional pembangunan jalan tol Solo-Jogja sudah dibebaskan. Dana yang digelontorkan pemerintah untuk pembayaran UGR itu mencapai sekitar Rp1,89 triliun.
Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, mengatakan ribuan bidang lahan yang sudah dibebaskan itu tersebar di 39 desa.
Sementara, ribuan bidang lahan terdampak jalan tol di Klaten tersebar di 50 desa yang berada di 11 kecamatan mulai dari Kecamatan Polanharjo hingga Prambanan.
“Saat ini capaian pembebasan lahan sekitar 52%. Pembayaran UGR sudah memasuki wilayah Kecamatan Karangnongko. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai semua,” kata Sulis saat ditemui di kantor Kecamatan Ngawen, Kamis (25/8/2022).
Terkait pembebasan lahan di wilayah Kecamatan Ngawen, Sulis menjelaskan masih ada sejumlah bidang lahan terdampak yang belum dibayarkan. “Ngawen masih ada beberapa bidang belum terbayar karena masih kurang pemberkasan,” jelas dia.
Camat Ngawen, Anna Fajria Hidayati, berpesan kepada warga yang menerima UGR bisa memanfaatkan dana yang diterima untuk kebutuhan prioritas.
Selain itu, dia mengimbau agar pembagian UGR bisa dirembuk dengan baik.
“Untuk yang sertifikat tanahnya belum pecah waris atau sertifikat masih keluarga besar, saya imbau untuk dirembuk secara kekeluargaan [pembagiannya]. Jangan sampai ada permasalahan gara-gara UGR ini yang menyebabkan pecah persaudaraan. Semua bisa dirembuk, bisa dikomunikasikan. Kami juga mengimbau agar UGR yang diterima ini untuk hal-hal prioritas dulu seperti untuk investasi, kebutuhan yang penting. Jangan sampai penggunaannya muspra,” kata dia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya