SOLOPOS.COM - Calon penumpang pesawat melintas di samping papan jadwal penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/2/2022). Kementerian Perhubungan membuka pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dengan tujuan wisata yaitu melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Hang Nadim di Batam, Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang dan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan/nym.

Solopos.com, JAKARTA–Harga tiket pesawat rute Jakarta-Aceh mencapai Rp9,6 juta per orang sekali terbang, membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara.

Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Aryani Satyamurni memastikan tarif tiket yang dijual maskapai nasional ke sejumlah rute selama lebaran masih dalam rentang Tarif Batas Atas (TBA) yang ditetapkan atau sesuai dengan kebijakan tuslah atas fuel surcharge.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia telah memantau bahwa pada masa angkutan lebaran tahun ini, hingga saat ini belum ada maskapai yang melanggar tarif batas atas penerbangan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Jika ada maskapai yang melanggar, akan akan dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 27/2021,” katanya, Jumat (29/4/2022).

Dia menambahkan terkait harga tiket yang tinggi, pemerintah sudah menetapkan aturan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 106/2019 mengenai Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) untuk penerbangan reguler kelas ekonomi.

Baca Juga: Dampak Lebaran 2022, Penjualan Tiket Pesawat Meningkat 30 Persen

Adapun, TBA adalah batas atas ditentukan oleh tarif jarak penerbangan dan batas bawah ditentukan 35% dari batas atas dari masing-masing kelompok pelayanannya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengirimkan surat untuk Presiden Joko Widodo dan sejumlah maskapai penerbangan terkait mahalnya harga tiket dalam perjalanan dari dan menuju wilayah tersebut.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Ini Daftar Harga Tiket Pesawat Jakarta-Solo

Harga tiket Jakarta-Aceh yang bisa dipesan melalui online mencapai Rp9,6 juta per orang untuk sekali jalan. Padahal, normalnya harga tiket hanya Rp2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Wow! Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Tembus Rp9,6 juta! Kemenhub Buka Suara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya