SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yos Johan Utama (kedua kanan), menjabat tangan robot peraga saat wisuda ke-159 secara daring di Gedung Prof. Sudharto, Undip Tembalang, Kota Semarang, Senin (27/7/2020). (Antara-Aji Styawan/pras).

Solopos.com, SEMARANG – Pemandangan unik terjadi pada wisuda mahasiswa ke-159 Universitas Diponegoro (Undip) di Gedung Prof. Sudharto, Undip Tembalang, Semarang, Senin (27/7/2020).

Tiga robot memakai kostum wisuda berbaris rapi. Dengan postur tak beda dengan manusia, robot itu siap mengikuti wisuda yang dilangsungkan secara daring. Ketiga robot itu mewakili wisudawan terbaik Undip yang akan bersalaman langsung dengan Rektor Undip, Yos Johan Utama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Robot ini dihadirkan untuk mewakili para wisudawan maupun wisudawati yang tidak bisa hadir karena sejumlah kebijakan pada masa pandemi Covid-19. Robot peraga ini dirancang semirip mungkin dengan sosok wisudawan wisudawati.

Pernikahan Anak di Jateng Naik Dua Kali Lipat Selama Pandemi Covid-19

Robot yang mewakili wisudawan berpakaian celana hitam, memakai jubah wisuda lengkap dengan toga.  Sedangkan robot yang mewakili wisudawati memakai jarik bermotif cerah. Badannya menggunakan jubah hitam seperti wisudawan.

Bagi wisudawati yang berhijab, diwakili oleh robot yang kepalanya ditutup hijab dan bagi wisudawati yang tidak berhijab, diwakili oleh robot dengan rambut sintesis berkepang dan bertoga. Tinggi robot disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yaitu 160 sentimeter.

Robot ini berdiri di kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari baterai kering atau aki. Untuk menjalankan robot maju–mundur dan berputar, menggunakan remote control yang dapat dikendalikan dari jarak hingga 15 meter.

Penolak Jenazah Perawat Covid-19 di Semarang Divonis 4 Bulan Penjara

Ketua Senat Akademik Undip Semarang, Sunarso, mengatakan wisuda ke-159 merupakan acara wisuda kedua yang dilaksanakan via daring semasa pandemi Covid-19. "Wisuda daring kedua yang digelar ini menggunakan robot hasil karya Undip," kata dia, Senin.

Rektor Undip, Yos Johan Utama, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Dia berpesan agar wisudawan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai. "Jangan cepat puas. Saat ini kita memasuki masa yang penuh dengan gejolak ketidakpastian," kata Yos.

 

Tema Robotik

Sebelumnya, Plt. Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo, mengatakan wisuda ke-159 Undip kali ini mengusung tema robotik.

Macan Lawu Karanganyar Bongkar Praktik Pembuatan STNK Palsu, Tempat Produksi di Solo



“Kami tidak hanya menghadirkan aksi robot peraga wisudawan wisudawati, tetapi juga menampilkan tayangan tentang pencapaian-pencapaian riset dan inovasi Undip, khususnya di bawah Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan. Salah satunya di bidang robotik dengan mengembangkan tangan bionik yang sudah banyak penggunanya, di antaranya oleh tenaga kerja Indonesia di Korea,” ujar Dwi Cahyo Utomo dalam keterangan resmi, Sabtu (25/7/2020).

“Kemudian Undip juga mengembangkan robot medis untuk membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19. Dan pada wisuda kali ini, Undip menghadirkan robot peraga wisudawan untuk memeriahkan wisuda daring,” terangnya.

Keistimewaan robot peraga ini, selain bentuknya mirip dengan sosok wisudawan wisudawati, dilengkapi pula dengan fitur untuk berkomunikasi melalui layar tablet yang disematkan pada wajah robot. Komunikasi dilakukan melalui aplikasi video call sehingga wisudawan wisudawati yang berada di rumah masing-masing dapat berkomunikasi dua arah dengan rektor pada saat penyerahan ijazah.

Yuk Jelajahi Jateng Secara Kilat di Grand Maerakaca

Keistimewaan lainnya, tangan kiri robot diposisikan untuk menerima ijazah. Telapak tangannya dilengkapi tatakan untuk meletakkan ijazah. Sedang tangan kanan robot dapat digerakkan naik atau turun dan difungsikan untuk bersalaman.

Robot peraga wisudawan wisudawati ini akan beraksi mewakili tiga wisudawan wisudawati terbaik pada tiap-tiap fakultas. Tiga wisudawan terbaik yang diwakili robot, akan menerima ijasah langsung dari Rektor dan bersalaman dengan Rektor serta Dekan. Aksi robot dapat disaksikan pada tiap-tiap tahap pelaksanaan wisuda. Wisuda ke-159 ini diikuti oleh 2.561 wisudawan yang terbagi ke dalam 11 tahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pengusaha dan Politikus Senior Thomas Suyanto Masuk Bursa Pilwalkot Salatiga

Pengusaha dan Politikus Senior Thomas Suyanto Masuk Bursa Pilwalkot Salatiga
author
Mariyana Ricky P.D Rabu, 24 April 2024 - 14:03 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bakal Calon Wali Kota Salatiga Thomas Suyanto. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Menjelang kontestasi pemilihan pilkada serentak 2024 sejumlah nama bermuculan dalam bursa pemilihan Wali Kota Salatiga. Salah satu di antaranya adalah dari kalangan pengusaha dan politikus senior Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Thomas Suyanto.

Pria yang akrab disapa Thomas itu mengaku tertarik maju dalam Pilwakot Salatiga karena beberapa hal. Diantaranya dirinya sebagai warga Salatiga ingin mengabdikan diri untuk Kota Salatiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya warga Salatiga kalau memungkinkan apa salahnya, saya berbuat untuk Kota Salatiga,” kata Thomas saat ditemui Solopos.com, di Hotel Front One Gosyen, Rabu (24/4/2024).

Diakuinya, Salatiga memiliki kultur yang menarik dengan berbagai agama yang ada dan toleransi yang terjaga.

Koran Solopos

Sehingga hal itu membuat dirinya bertekad untuk maju sebagai Wali Kota Salatiga maupun Wakil Wali Kota Salatiga.

“Kita mengalir aja (jadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota) nanti tergantung partner nanti mau pilih mana,” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPW Nasdem Jateng.

Sebagai pengusaha, saat ini Kota Salatiga sebagai kota kecil masih bisa bertumbuh dalam hal ekonomi dan pariwisatanya.

Emagazine Solopos

Sebab, Salatiga memiliki potensi wisata kuliner yang cukup banyak. Namun ada beberapa hal yang menjadi permasalahan, sehingga wisatawan kurang nyaman di Kota Salatiga.

“Ada pengamen yang banyak. Harus bisa ditata itu, itu salah satu contoh sederhana. Selain itu, adanya banyak anak punk dari luar yang sering berada di Kota Salatiga,” terang Thomas.

Diakuinya, saat ini dirinya masih memantau dan menyiapkan mesin partai. Selain itu, juga sudah mulai melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik yang bakal menjadi koalisi.

Interaktif Solopos

“Ini baru PDKT (pendekatan), nanti kalau memungkinkan pacaran dan memungkinkan sudah deal dan sah ya akad nikah langsung berangkat bareng-bareng,” tandas Thomas.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Gelar Halalbihalal, Rektor: ITS PKU Muhammadiyah Solo Segera Jadi Universitas

Gelar Halalbihalal, Rektor: ITS PKU Muhammadiyah Solo Segera Jadi Universitas
author
Ahmad Mufid Aryono Rabu, 24 April 2024 - 14:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Civitas academica ITS PKU Muhammadiyah Solo ikuti halalbihalal di auditorium kampus setempat, Rabu (24/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo mengadakan acara halalbihalal di auditorium kampus setempat, Rabu (24/4/2024).

Acara tersebut dihadiri sekitar 300 peserta yang terdiri dari seluruh civitas academica, Badan Pengurus Harian (BPH) dan mahasiswa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti mengatakan momentum setelah Lebaran, selain dimanfaatkan untuk saling memaafkan, juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja dan belajar bagi mahasiswa.

“Mari kita berjuang lagi setelah kemarin jeda libur. Kita meninggalkan pekerjaan yang kemarin yakni proses perubahan ITS PKU yang akan alih status menjadi universitas. Saat ini kita sudah berproses, nanti insya Allah awal Mei [2024] kita sudah mulai pendampingan dengan Dikti,” kata dia dalam sambutan, Rabu (24/4/2024).

Koran Solopos

Dia berharap dengan meningkatkan mutu kerja di dalam kampus bisa mencapai target pada awal ajaran baru, ITS PKU Muhammadiyah Solo berhasil alih status menjadi universitas. Hal itu menjadi tugas bersama.

“Namanya sampai hari ini belum disepakati secara resmi.  Baik dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Badan Badan Pengurus Harian (BPH) masih mepertimbangkan. Dan kami tunggu keputusan dari PDM secara resmi soal namanya,” kata dia.

Wakil Rektor III ITS PKU Muhammadiyah Solo, Suyanto, mengatakan kegiatan tersebut mengambil momentum Lebaran 2024 untuk saling memaafkan satu sama lain. Selain itu tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan semangat kerja dosen dan karyawan.

Emagazine Solopos

“Ini langkah kita untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas agar kita lebih semangat, sehingga bisa meningkatkan kinerja profesionalitas kita sebagai tenaga kependidikan maupun mahasiswa juga biar semangat belajar lagi seperti itu saja,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di sela-sela acara, Rabu (24/4/2024).

Sementara itu Ketua BPH ITS PKU Muhammadiyah Solo, Sofyan Anif memberikan wejangan bahwa saling memaafkan menjadi kekuatan bagi internal kelembagaan untuk membangun kebersamaan. 

Meski begitu, dia mengingatkan budaya saling memaafkan hendaknya dilakukan tidak hanya ketika momentum lebaran, namun harus menjadi budaya sehari-hari.

Interaktif Solopos

“Yang benar begitu, salah langsung minta maaf, tidak harus nunggu lebaran. Harus dibudayakan memberikan maaf sebelum orang itu meminta maaf,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih, Prabowo bakal Ketemu Cak Imin di DPP PKB

Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih, Prabowo bakal Ketemu Cak Imin di DPP PKB
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Rabu, 24 April 2024 - 13:59 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyapa awak media usai melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dan tim hukum di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Antara/Reno Esnir)

Solopos.com, JAKARTA — Calon Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengatakan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pada hari Rabu (24/4/2024) seusai menghadiri penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Kalau tidak salah, iya,” kata Prabowo di halaman Kantor KPU RI, Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Walaupun demikian, Prabowo menginformasikan bahwa agenda tersebut masih dalam konfirmasi. “Ini lagi saya tunggu konfirmasi,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

Sementara itu, Muhaimin mengaku belum bisa memastikan rencana kedatangan Prabowo ke DPP PKB usai KPU menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Koran Solopos

Muhaimin pun masih menunggu kedatangan Prabowo ke partai berlambang bola dunia itu.

“Kita tunggu saja nanti,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin di Kantor KPU RI.

Sebelumnya, KPU RI menggelar acara penetapan pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024

Emagazine Solopos

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024.

“Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI.

Hasyim melanjutkan, “Memutuskan, kesatu, menetapkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024—2029 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.”

Interaktif Solopos

Ketua KPU RI menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berhasil meraih 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20% suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. Adapun keputusan ini mulai berlaku sejak ditetapkan pada hari Rabu (24/4/2024).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories