SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembayaran pajak. (Dok/JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Realisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Gunungkidul melebihi target yang dicanangkan.

Pasalnya, hingga jatuh tempo 30 September lalu, penerimaan pajak mencapai Rp12,3 miliar. Padahal, untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya menargetkan pajak sebesar Rp11 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gunungkidul Supartono mengatakan, penerimaan pajak untuk sektor pedesaan dan perkotaan melebihi ekspektasi yang diharapkan. Pasalnya, penerimaan pajak melebihi target yang ditetapkan sejak awal.

“Hingga jatuh tempo pembayaran, PBB mencapai Rp12,3 miliar. Padahal, target awal hanya Rp11 miliar. Itu artinya, penerimaan kita lebih banyakRp1,2 miliar,” kata Supartono, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/10/2014).

Menurut dia, pembayaran pajak yang over target membuktikan tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sangat tinggi. Hingga saat ini, data DPPKAD mencatat ada 5700-an wajib pajak, yang rutin melakukan pembayaran.

“Kami bersyukur tingkat kesadaran masyarakat tinggi. Tanpa partisipasi mereka, niscaya target yang dibebankan tidak akan pernah terpenuhi,” ungkapnya.

Supartono menjelaskan, prestasi yang diperoleh juga tidak lepas dari sosialisasi yang terus digalakkan pemerintah. Menurut dia, sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. Salah satunya, wajib pajak diminta membayar pajak tepat waktu. Sebab, keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda 2% dari nominal pajak yang dibebankan.

“Dari sisi manfaat sangat banyak, salah satunya meningkatkan pendapatan asli daerah. Kami bersyukur masyarakat mampu memahami dan membayar pajak tepat waktu,” sebut mantan Sekretaris DPPKAD itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya