SOLOPOS.COM - Lambang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) (ppatk.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terus bergerak mengusut rekening-rekening yang berpotensi menjadi tempat menampung dana-dana haram.

Sedikitnya 345 rekening investasi bodong yang berisi dana Rp588 miliar sudah diblokir PPATK.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“345 rekening tersebut terkait dengan 78 orang,” ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di Komisi III DPR, Selasa (5/4/2022).

Ivan mengatakan bahwa investasi bodong menjadi perhatian serous PPATK dan aparat penegak hukum lainnya. Menurutnya pihaknya telah bekerja sama dengan Bareskrim Polri terkait nama-nama yang ditelusuri.

Baca Juga: Investasi Bodong, 77 Rekening Senilai Rp28,24 Miliar Dihentikan PPATK

“Kami juga sudah menerima laporan 360 laporan transaksi, senilai Rp35,7 triliun. Kalau ditanya masif atau tidak, memang luar biasa massif,” imbuhnya.

Nilai rekening yang diblokir PPATK naik cukup signifikan dibandingan posisi Maret 2022 lalu.

Seperti diketahui, dalam keterangan resminya, hingga 10 Maret 2022, PPATK telah melakukan penghentian sementara transaksi terkait dugaan transaksi investasi ilegal sebanyak 121 rekening yang dimiliki oleh 49 pihak di 56 Penyedia Jasa Keuangan dengan total nominal sebesar Rp353,9 miliar.

Dari jumlah tersebut, sebesar Rp99,1 miliar telah dilakukan pemblokiran oleh penyidik dari Bareskrim.

Baca Juga: Ada Nama Artis Terkenal dalam Afiliator Investasi Bodong Buruan Polri

Dalam keterangan resminya, jumlah ini masih terus bertambah karena proses penelusuran yang dilakukan sejak Januari 2022 masih terus berlangsung.

“Karena semua masih dalam proses, kami tidak dapat menyebutkan nama orang per orang atau lembaga,” kata Natsir saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (10/3/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PPATK Blokir 345 Rekening Investasi Bodong Senilai Rp588 Miliar!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya