SOLOPOS.COM - Pesawat Garuda bermasker (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA -- Di era pandemi Covid-19, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 di Hangar 2 GMF AeroAsia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan livery masker pesawat pertama yang ada di Indonesia ini merupakan bagian dari dari dukungan Garuda Indonesia terhadap program edukasi pemerintah melalui gerakan "Ayo Pakai Masker".

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir bisnis.com, Irfan memaparkan secara total terdapat lima pesawat yang akan menggunakan livery bermasker yang akan melayani rute penerbangan domestik maupun rute penerbangan internasional, termasuk antara lain destinasi penerbangan Singapura dan Jepang.

"Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang menampilkan livery khusus pesawat dengan masker. Hal ini juga sejalan dengan komitmen dan keseriusan kami dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru," jelasnya melalui siaran pers, Kamis (1/10/2020).

Kalbe Farma Segera Edarkan Obat Covid-19, Segini Harganya

Lebih lanjut, Irfan menuturkan pencegahan penyebaran Covid-19 tentunya memerlukan dukungan penuh dan peran aktif berbagai pihak.

Dia mengharapkan dengan salah satu upaya tersebut dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya melalui penggunaan masker.

Konsisten Menjalankan Protokol Kesehatan

Sementara itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif yang dijalankan Garuda Indonesia tersebut.

"Apresiasi setinggi-tingginya dari Komite kepada Garuda Indonesia yang ikut berperan aktif mensosialisasikan penggunaan masker dengan cara yang unik. Rencananya selain di dalam negeri, akan juga ada rute yang ke luar negeri. Hal ini sangat baik, agar masyarakat dunia juga tahu, bahwa Indonesia menomorsatukan penanganan kesehatan," ujarnya.

Klaten Bentuk Gugus Tugas RW Untuk Gotong Royong Tangani Covid-19

Selain penggunaan masker, Garuda Indonesia secara konsisten juga terus memastikan protokol kesehatan berjalan optimal pada seluruh lini operasional penerbangan.

Garuda Indonesia antara lain menerapkan prosedur pengaturan jaga jarak antarpenumpang, penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi kru yang bertugas, penyediaan makanan dalam wadah sekali pakai dan penyajian dengan tanpa kontak erat, kegiatan disinfeksi kabin pesawat melalui yang dilakukan secara rutin.

Kemudian, dalam rangka mengoptimalkan kampanye penggunaan masker, Garuda Indonesia menyelenggarakan kompetisi desain livery masker pesawat bertajuk Fly Your Design Through The Sky yang dilaksanakan sepanjang Oktober 2020.

Ronda dan Razia Masker Bikin Pedagang Pasar Solo Lebih Tertib Protokol Kesehatan

Melalui gelaran kompetisi tersebut, Garuda Indonesia turut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menampilkan hasil kreativitas dan desain livery masker pesawat melalui platform media sosial yang nantinya desain masker livery terbaik akan dipilih untuk dapat digunakan Garuda Indonesia pada pesawat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya