SOLOPOS.COM - Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA—Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan pendidikan dasar (SD dan SMP) di DIY dinyatakan sebagai terbaik pertama tingkat nasional 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinilai dapat memenuhi ketentuan UU nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 17 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP nomor 19 tahun 2005 pasal 1 ayat 1, DIY dinyatakan menjadi daerah terbaik yang menerapkan Pendidikan Untuk Semua (PUS) tingkat PAUD dan pendidikan dasar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji menyampaikan dua penghargaan tersebut berhasil diterima DIY lantaran daerah ini mampu mencapai 8 standar nasional pendidikan. Meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.

“Misalnya kualitas pendidikan. Pemerintah mencanangkan 1 desa 1 PAUD, di DIY sudah terlampau menjadi 1 kecamatan. APK (angka partisipasi kasar) dan APM (angka partisipasi murni) untuk akses pendidikan jelas terpenuhi,” jelasnya saat ditemui di ruang kerja, Rabu (29/5/2013).

Dengan pencapaian ini, imbuhnya, DIY dinilai mampu memberikan pendidikan tingkat usia dini dan dasar bagi semua masyarakat dengan baik tanpa membeda-bedakan. Kualitas pendidikan pun dianggap sudah mumpuni dan mewakili standar yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya