SOLOPOS.COM - Gedung Kantor Pusat Koperasi Sejahtera Bersama di Bogor, Jawa Barat. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Sejahtera Bersama belakangan ini menjadi sorotan seiring aksi protes para anggotanya di sejumlah daerah di Indonesia. Para anggota menuntut pencairan dana simpanan yang tertahan sejak April 2020 atau awal pandemi Covid-19 lalu.

Jumlahnya fantastis, mencapai Rp8,8 triliun merujuk hasil putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada November 2020 lalu. Di Kota Solo, anggota KSP Sejahtera Bersama ada sekitar 6.700 orang dengan total simpanan mencapai Rp270 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika ditilik dari profil dan sejarahnya, berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, KSP Sejahtera Bersama sejatinya bukan koperasi ecek-ecek. Koperasi yang berkantor pusat di Bogor, Jawa Barat, ini telah memiliki 46 kantor utama dan 51 kantor pembantu di 46 daerah Pulau Jawa.

Kantor Pusat Koperasi Sejahtera Bersama yakni SB Building terdiri atas sembilan lantai dan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Kota Bogor. Jumlah anggota KSP yang berdiri sejak 2004 ini juga terus meningkat tahun ke tahun.

Baca Juga: Pencairan Dana Bermasalah, KSP Sejahtera Bersama Ditegur Pemkot Solo

Mengacu laporan pertanggungjawaban pengurus dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2019 yang disahkan Maret 2020, total anggota Sejahtera Bersama mencapai 173.875 orang. Total aset koperasi ini pun tak main-main, mencapai Rp3,15 triliun dengan total pinjaman ke anggota Rp1,7 triliun.

Perkembangan luar biasa KSP Sejahtera Bersama membuat koperasi ini diganjar penghargaan sebagai koperasi terbesar nomor tujuh nasional pada 2017. Hal tersebut berdasarkan pertambahan jumlah anggota, jumlah aset, dan volume usaha.

Penghargaan Tingkat Nasional

Tak hanya itu, KSP Sejahtera Bersama juga meraih penghargaan tingkat nasional. “Profil positif ini yang membuat saya dan anggota lain tak ragu untuk bergabung,” ujar Pejabat Humas Forum Anggota Koperasi Sejahtera Bersama (Fakta) Pusat, Frans Hartono, saat ditemui Solopos.com di Solo, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Sebagai Koperasi dengan Predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari akuntan publik setiap tahun, Koperasi Sejahtera Bersama didukung sistem information technology (IT) yang canggih. Layanan Koperasi Sejahtera Bersama pun lengkap.

Produk simpanan mereka, berdasarkan informasi dalam laman kspsb.id, di antaranya Tabungan Koin Sejahtera, Tabungan Pendidikan Sejahtera, Tabungan Rencana Sejahtera, Simpanan Berjangka Sejahtera Prima dan Simpanan Berjangka Jelang Lima Tahun. Ada pula Pinjaman Komersial, Pinjaman Mikro, Pinjaman Cerdas untuk Karyawan, Pinjaman EzHajj dan Pinjaman SB Lite.

Sebagaimana diberitakan, belasan anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo mendatangi kantor koperasi tersebut di kawasan Manahan, Solo, untuk menuntut kejelasan pencairan dana simpanan mereka, Selasa (30/11/2021). Sebelumnya, pada awal Oktober, KSP Sejahtera Bersama Cabang Klaten juga digeruduk anggotanya gara-gara persoalan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya