Wow! Klaten Jadi Daerah dengan Masjid Terbanyak di Jateng

Kabupaten Klaten menjadi daerah dengan masjid paling banyak di Jawa Tengah (Jateng).
SHARE
Wow! Klaten Jadi Daerah dengan Masjid Terbanyak di Jateng
SOLOPOS.COM - Warga berjalan di kawasan Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Sabtu (16/4/2022) sore. Kegiatan pada Ramadan tahun ini di Masjid Agung Al Aqsha Klaten kembali mengeliat. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Kabupaten Klaten ternyata tercatat sebagai daerah dengan jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah (Jateng).

Angka itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng per 2021. Data BPS tersebut dihimpun dari Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Berdasarkan data itu, jumlah masjid di Kabupaten Bersinar mencapai 2.929 unit. Daerah dengan masjid paling sedikit di Jateng adalah Kota Tegal, yaitu 157 unit masjid.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Bukan Demak atau Kudus, Ini Daerah dengan Kiai Terbanyak di Jateng

Meski memiliki masjid paling banyak, jumlah musala di Kabupaten Klaten ternyata bukan yang terbanyak. Klaten tercatat hanya memiliki 1.716 musala.

Musala paling banyak berdasarkan data BPS Jateng ternyata ada di Kabupaten Grobogan yang mencapai 5.868 unit. Di sisi lain, jumlah masjid di Kabupten Grobogan tercatat ada 1.476.

Sementara itu, daerah di Jateng dengan jumlah musala paling sedikit ada di Kota Magelang, yaitu di angka 73.

Baca Juga: Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Namun, angka itu adalah catatan BPS 2021 berdasarkan data dari Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag). Diduga masih ada masjid yang masih belum oleh BPS Jateng.

Berikut daftar jumlah masjid dan musala di Jateng berdasarkan data BPS 2021 dengan Klaten menjadi yang terbanyak masjidnya:

jumlah masjid di klaten

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago