SOLOPOS.COM - Jejak Kaki Dinosaurus

Solopos.com, JAKARTA -- Arkeolog menemukan jejak kaki dinosaurus milik "makhluk raksasa peninggalan periode Jura" di pantai Yorkshire, Inggris. Cetakan itu, yang dikatakan sebagai penggalian terbesar di wilayah tersebut, ditemukan oleh arkeolog Marie Woods.

"Saya awalnya pergi untuk mengumpulkan kerang untuk makan malam, tetapi perhatian saya benar-benar teralihkan oleh binatang ini!" tulisnya di Twitter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para ahli meyakini jejak-jejak itu merupakan peninggalan dinosaurus raksasa pemakan daging panjang tubuhnya mencapai sembilan meter. Woods mengatakan ketika mengumpulkan kerang dan merasa terkejut setelah menemukan cetakan tiga jari berukuran besar.

"Setelah melihatnya, saya tidak banyak mengumpulkan kerang," ujarnya dilansir Detik.com.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 April 2010, Gempa Bumi Landa Yushu, Tiongkok

Setelah penemuan jejak kaki Dinosaurus itu, di sebuah lokasi yang dirahasiakan, kemudian Woods menghubungi para spesialis. Termasuk ahli paleontologi Dr Dean Lomax, penulis buku Dinosaurs of the British Isles.

Dia menggambarkan temuannya sebagai "benar-benar makhluk raksasa peninggalan periode Jura". Bahkan Marie Woods juga berujar bahwa itu adalah "jejak kaki theropoda terbesar yang pernah ditemukan di Yorkshire".

Jejak kaki itu milik dinosaurus raksasa pemakan daging, "kemungkinan Megalosaurus, yang hidup antara 164 dan 175 juta tahun lalu, "kata Dr. Lomax.

Baca juga: Sejumlah Anggota DPR Nekat Minta Disuntik Vaksin Nusantara Meski Belum Kantongi Izin

Kondisi Rapuh

Dia menambahkan penemuan Woods ini sejatinya merupakan "penemuan kembali", karena yang sebagian telah ditemukan kolektor fosil, Rob Taylor, pada November 2020.

Walaupun demikian, kendati Taylor mengunggah foto-foto temuannya di sebuah grup Facebook yang didedikasikan untuk keberadaan fosil-fosil Yorkshire. Namun belum sepenuhnya terungkap kala itu dan belum disadari secara penuh tentang nilai pentingnya, kata Dr Lomax.

Saat ini sedang disiapkan sebuah rencana untuk memulihkan cetakan jari kaki dinosaurus, yang menurut Woods dalam "kondisi rapuh" dan berisiko "tersapu air laut".  Jika proses pemulihan itu berhasil, temuan tersebut akan dipamerkan di Museum Rotunda di Scarborough, Inggris.

Baca juga: AS Tarik Seluruh Pasukan dari Afghanistan 11 September Mendatang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya