Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Wow! Ini Kecanggihan Armada PT SHA Solo

PT SHA Solo melengkapi armada pengangkut BBM dengan teknologi canggih.
SHARE
Wow! Ini Kecanggihan Armada PT SHA Solo
SOLOPOS.COM - Petugas mengecek truk tangki di garasi PT SHA Solo, di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO–Tim Ekspedisi Energi 2022 jalur timur mengawali perjalanan dengan melihat aktivitas di garasi armada PT SHA Solo di Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/6/2022).

PT SHA merupakan salah satu agen bahan bakar minyak (BBM) industri produk Pertamina terbesar di Indonesia. Untuk mengoptimalkan proses distribusi, perusahaan asal Solo ini telah mengusung berbagai teknologi dalam armadanya. Seperti apa teknologinya?

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tim ekspedisi tiba di lokasi pada Senin pagi. Di dalam garasi, terlihat puluhan armada tangki berwarna biru putih yang berjajar. Ukuran armada beragam, mulai yang berkapasitas 5 kl hingga 40 kl.

Marketing Director PT SHA Solo, Aris Nuryanto, mengatakan semua truk tangki di perusahaan tersebut memiliki fitur keamanan standar Eropa.

“Untuk truk tangki kami memang memiliki keamanan standar Eropa. Di mana itu tingkatannya cukup tinggi. Kami memberlakukan sensor-sensor khusus untuk mencegah terjadinya BBM kencing. Sebab kami sangat memperhatikan barang yang kami kirim ke konsumen. Dengan begitu barang yang kami kirim, sesuai dengan permintaan konsumen,” kata dia, Senin.

Baca Juga: Kemenkeu: Tak Ada Rencana Pengenaan Cukai BBM dan Detergen

Salah satu driver armada PT SHA Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan setiap armada selalu dilengkapi dengan alat pemadam kebaran ringan (apar).

“Apar selalu tersedia baik di dalam [area kemudi], tengah maupun belakang. Selain itu juga ada tombol untuk memutuskan arus listrik truk untuk mengantisipasi jika terjadi korsleting. Saat mengisi atau menuang BBM, mesin dimatikan dan aliran listrik diputus untuk keamanan. Tombolnya juga tersedia di dalam [ruang kemudi], di tengah maupun belakang. Tombol bisa dipencet salah satunya, yang terdekat yang mana,” kata dia sambil menunjukkan beberapa fitur keamanan pada armada tersebut.

Dari segi kenyamanan, truk keluaran Mercedes-Benz tersebut juga memiliki fitur yang tak kalah menarik. Ruang kemudi yang longgar dan ber-AC membuat pengemudi merasa nyaman saat mengemudi truk. Tersedia juga tepat tidur untuk sopir pengganti. “Sangat nyaman. Tidak banyak armada truk dengan tingkat kenyamanan seperti ini,” kata pengemudi lain, Ranto.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, Ini Daftar Destinasinya

Untuk panel dashboard sebagian besar merupakan panel digital. Termasuk layar pengganti spion yang menangkap gambar dari kamera di sisi belakang truk. Selain itu, truk juga dilengkapi sensor pengaman yang mengurangi potensi kecelakaan.

Guna melengkapi keamanan, setiap hari kondisi truk juga akan selalu dipantau. “Pemeriksaan rutin selalu dilakukan setiap hari untuk memastikan kondisi truk dalam kondisi prima,” kata salah satu mekanik PT SHA Solo, Ari Kusworo.

PT SHA Solo menjadi salah satu tujuan Tim Ekspedisi Energi 2022 yang digelar Solopos Media Group (SMG) didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas dan Dinas ESDM Jawa Tengah. Setelah dari garasi PT SHA Solo, Tim Ekspedisi Energi 2022 wilayah timur langsung bergegas menuju Surabaya untuk mengunjungi tujuan selanjutnya.

 

Ekspedisi Energi 2022



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode