SOLOPOS.COM - Infografis Rendang (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia akan mengekspor satu ton bumbu rendang dan kalio ke Norwegia.

Bumbu rendang dan kalio itu buatan ibu-ibu yang tergabung dalam Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Kota Padang. KBRI Oslo menyampaikan hal itu melalui siaran pers, Senin (29/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bumbu rendang dan kalio tersebut akan dikirim secara bertahap ke Norwegia oleh Scannesia AS, yakni perusahaan yang dimiliki diaspora Indonesia asal Sumatera Barat, Emmy Jørgensen. Scanesia adalah perusahaan Norwegia pemasok dan pengekspor makanan otentik dan makanan laut dari Asia.

Bumbu tradisional Indonesia tersebut diperkirakan akan tersedia di sejumlah swalayan di Norwegia, termasuk Storcash Norge pada Oktober 2022.

Gubenur Sumatera Barat, Mahyeldi, melepas ekspor bumbu rendang dan kalio itu secara resmi pada Senin pagi di halaman kantor Gubernur Sumbar.

Baca Juga : Makin Digemari, Negara di Eropa Impor Bumbu Rendang dari Indonesia

Duta Besar RI untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, menyampaikan rasa bangga dan menekankan potensi besar pasar Norwegia bagi produk Indonesia, terutama kuliner.

“Masyarakat Norwegia sangat petualang dan senang mencoba hal baru, termasuk makanan. Kami berharap Pemprov Sumbar bisa membantu diaspora Indonesia agar bisa mendirikan restoran Padang di Oslo,” ujar Todung.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara aktif telah melakukan promosi kuliner Sumbar ke tingkat internasional.

Sebelumnya, Mahyeldi telah melepas satu ton ekspor bumbu rendang karya Koperasi Anak Minangkabau ke Hamburg, Jerman pada Juli 2022. Selain itu, melaksanakan kegiatan masak rendang (Marandang) sedunia pada 2021.

“Kami bangga bisa mendukung pengusaha Sumatera Barat untuk ekspor ke pasar Internasional. Pemprov Sumbar akan terus membantu dan mempermudah proses perizinan agar semakin mendorong ekspor,” tuturnya.

Baca Juga : Sumbar Setop Sementara Ekspor Rendang, Ini Penyebabnya

Menurut KBRI Oslo, antusiasme masyarakat Norwegia terhadap kuliner Indonesia tercermin pada kegiatan promosi Indonesia Culinary and Food Festival di Oslo pada 20 Agustus 2022. Berbagai makanan khas Indonesia laku keras diborong masyarakat Norwegia.

Pemilik Scanesia, Emmy Jørgensen, menyampaikan rasa haru karena impian membawa produk bumbu rendang dan kalio karya UMKM Sumbar ke Norwegia terwujud.

“Ini akan menjadi awal agar semakin banyak produk Indonesia khususnya Sumbar tidak hanya ke Norwegia tapi wilayah Scandinavia dan Eropa,” ujar Emmy.

Emmy juga berharap ekspor itu dapat menjadi kontribusi konkret membantu meningkatkan ekonomi UMKM di Sumatera Barat.

Baca Juga : Kuliner Nusantara Mendunia, Indonesia Kampanye Rendang Goes to Europe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya