Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.
SHARE
Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km
SOLOPOS.COM - Seorang pengendara melintas di jalan Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jateng, yang di sampingnya terbentang Bendera Merah Putih sepanjang 1,444 km, Selasa (16/8/2022). (Solopos-Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS –– Warga Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), memiliki cara unik dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Mereka membentangkan Bendera Merah Putih yang panjangnya mencapai 1.444 meter atau 1,44 km di tepi jalan.

Bendera Merah Putih dengan lebar 50 sentimeter (cm) tersebut, dipasang di tepi jalan kampung yang ada di Rukun Tetangga (RT) 004 Rukuw Warga (RW) 005 dan RT 003 RW 004.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ketua RT 004 RW 005, Dopo Edi Pranoto, mengatakan ide membuat bendera sepanjang 1,444 km itu dalam rangka mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli dengan HUT Kemerdekaan RI. Salah satu kepedulian itu ditunjukkan dengan memasang Bendera Merah Putih.

“Bagi warga yang masih enggan memasang bendera mulai awal Agustus 2022, setidaknya dengan adanya bendera panjang itu tergerak dengan kerelaan hati untuk memasang,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Babinsa Koramil Dawe Kodim 072/Kudus dengan pangkat Sersan Kepala (Serka) itu.

Apalagi, kata dia, masyarakat saat ini hanya diminta sekadar merayakannya saja dengan mengibarkan bendera. Masyarakat tidak diminta untuk ikut berperang seperti halnya para pahlawan sebelumnya.

Baca juga: Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

Sementara itu, pemasangan bendera sepanjang 1,44 km itu dilakukan sejak 1 Agustus 2022 dengan melibatkan 100-an warga. Sedangkan biaya pembuatan, sebagian berasal dari swadaya masyarakat dan sumbangan para donatur termasuk kepala desa. Pembuatan Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km itu menghabiskan dana sekitar Rp10 juta.

“Adapun makna dari 1.444 meter karena perayaan HUT Kemerdekaan saat ini yang ke-77, jika dijumlahkan menjadi angka 14. Sedangkan angka 44 berikutnya bertepatan dengan tahun hijriah 1444,” ujarnya.

Muhammad Khoirul Anam mengaku senang adanya pemasangan Bendera Merah Putih yang cukup panjang tersebut, sehingga desanya semakin meriah dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Baca juga: HUT RI, SD Muhammadiyah Plus Salatiga Kibarkan 360 Bendera Merah Putih

Ia mengakui ikut serta memasang bendera tersebut, sehingga warga RT 004 dan RT 003 juga terlihat guyub dalam menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Para pemuda ikut bangga bahwa desanya bisa merayakan HUT Kemerdekaan dengan meriah, termasuk diramaikan dengan berbagai lomba. Salah satunya panjat pinang setelah dua tahun tidak ada keramaian karena pandemi,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode