SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rute Terbaru KRL Jabodetabek. (KAI.id)

Solopos.com, JAKARTA–Waktu antara atau headway KRL Commuter Line yang melewati Stasiun Manggarai akan dipersingkat secara bertahap.

Ditargetkan headway KRL Commuter Line yang melewati stasiun yang dikembangkan menjadi stasiun sentral itu hanya 3 menit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Target headway 3 menit dengan penumpang 2 juta orang,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Zulfikri menjelaskan percepatan headway dilakukan dengan memperbaiki sistem persinyalan dan meningkatkan kualitas prasarana agar faktor keselamatan lebih terjamin.

Kemenhub menargetkan headway di Manggarai bisa dipercepat dengan melakukan switch over (SO) ke-6 yang rencananya dilaksanakan pada akhir 2022. Setelah SO 6, headway diperkirakan bisa dipersingkat menjadi sekitar 5 menit.

Baca Juga: LRT Jabodebek Segera Beroperasi, 92 Calon Operator Dilatih di Malaysia

Setelah SO 6 pada 2022, Kemenhub akan melaksanakan switch over berikutnya hingga 2025 saat Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral. Pada saat itu, headway ditargetkan menjadi 3 menit dengan total volume penumpang sekitar 2 juta orang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang membawahi operator commuter line PT Kereta Commuter Indonesia, mencatat total volume penumpang saat ini belum kembali ke level prapandemi yakni 1,2 juta orang.

Meski begitu, headway antara kedatangan kereta masih lama, sedangkan jumlah penumpang yang transit di Manggarai meningkat akibat SO 5 Manggarai.

Akhirnya, KRL Feeder relasi Bekasi-Cikarang dioperasikan sementara waktu guna mengurai kepadatan di Manggarai.

“Kami ingin menambahkan headway itu sependek mungkin tapi dengan persinyalan yang ada sekarang ini, belum memungkinkan,” lanjut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo.

Baca Juga: Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Adapun, pengembangan Stasiun Manggarai menjadi bagian dari rencana strategis perkeretaapian Jabodetabek yakni Double-Double Track (DDT) Cikarang-Manggarai.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul: Headway Kereta di Stasiun Manggarai Akan Dipersingkat Jadi 3 Menit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya