SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah (freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Sebagai ibu kota Jawa Tengah (Jateng) dan salah satu kota metropolis di Indonesia, Kota Semarang merupakan daerah yang prospektif. Kondisi itupun menjadikan Kota Semarang menjadi incaran para pembeli rumah. Oleh karenanya, tak heran jika harga rumah di dalam Kota Semarang melambung cukup tinggi, bahkan mencapai Rp25 miliar per unitnya.

Kota Semarang saat ini merupakan kota meteropolis terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa, menjadi kota berpenduduk sekitar 1,7 juta jiwa ini menjadi salah satu daerah paling berkembang di Jawa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oleh karenanya, tak heran jika banyak investor yang tertarik singgah maupun berdomisili di Kota Semarang. Kondisi ini pun menjadikan harga rumah di Kota Semarang melambung cukup tinggi.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di berbagai situs jual beli online, harga rumah di Kota Semarang dibanderol mulai dari ratusan juta hingga puluhan miliar rupiah. Bahkan ada rumah di salah satu kawasan yang dikenal elite di Kota Semarang yang dibanderol mencapai Rp25 miliar per unit.

Rumah dengan harga Rp25 miliar per unit itu berada di kompleks perumahan Green Candi Residence yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Lokasi perumahan tersebut memang cukup strategis. Berada di tengah kota, kompleks perumahan itu juga dekat dengan sederet fasilitas publik seperti hotel bintang lima, kantor polisi, rumah sakit, pusat kota dan juga Stadion Jatidiri.

Baca juga: Rasio Kredit Properti Dikendurkan 1 Agustus, Pengembang Perumahan di Semarang Tunggu Bank

Rumah mewah di Semarang yang dibanderol dengan harga mencapai puluhan miliar ini juga dibangun di atas lahan seluas 600 meter persegi. Harga tanah di kawasan ini pun diperkirakan telah mencapai angka Rp41,6 juta per meter persegi.

Rumah mewah ini pun cocok diperuntukkan bagi para pebisnis atau pengusaha kaya raya. Meski demikian, bukan tidak ada lagi rumah di Kota Semarang yang harga cukup terjangkau bagi kalangan menengah atau murah.

Di sejumlah wilayah di Kota Semarang ada juga rumah yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau atau murah, berada di bawah Rp500 juta. Sebut saja perumahan yang ada di kompleks Cluster Diponegoro yang berada di Kecamatan Tembalang.

Baca juga: Harga Rumah Seken Naik, Begini Kondisi Pasar Rumah Seken

Harga rumah di perumahan yang dikembangkan PT Tiga Pilar Sentosa ini dibanderol mulai dari Rp123 juta untuk rumah subsidi tipe 36. Sedangkan untuk rumah komersial dibanderol dengan harga Rp150 juta.

Selain itu ada juga perumahan Nuansa Bangetayu Asri di Kecamatan Genuk, Kota Semarang, yang dibanderol dengan harga termurah Rp139 juta untuk jenis rumah subsidi tipe 27/60. Kemudian rumah di kompleks Lentera Karangroto Permai yang juga berada di Kecamatan Genuk, Kota Semarang, yang dibanderol Rp150 juta untuk tipe subsidi 30/60.

Nah, itulah harga rumah di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai dari yang dibanderol mencapai puluhan miliar rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya