SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Kecamatan Jebres, Senin (13/6/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut pameran Java In Paris di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis, mendapatkan respons positif dari para pengunjung.

“Kemarin pas saya tinggal ada workshop membatik. Lalu, ada keroncongan di sana. Tambah ramai, pas tak tinggal,” kata dia kepada wartawan di Pendapa Kecamatan Jebres, Senin (13/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Solo menyampaikan harapan pameran yang berlangsung sejak Rabu (8/6/2022) sampai Minggu (17/7/2022) bakal ramai sampai penghujung event. Ditanya kisaran jumlah kunjungan pameran, Gibran mengatakan belum menghitung.

Namun, katanya, kondisi mal ramai selama pameran Java In Paris. Dia menyebut sejumlah produk UMKM asal Solo yang diburu para pengunjung. “Ada batik, produk handicraft, rotan, kulit. Akeh pokoke [banyak],” ujarnya.

Para pengunjung merupakan warga Prancis maupun diaspora atau perantau. Ditanya peluang kerja sama maupun investasi dengan pemilik brand di Prancis, Gibran menjawab diplomatis. “Nanti sambil jalan ya. Yang penting sudah ketemu,” ujarnya.

Baca Juga : Wow! Gibran Bawa 1.200 Item Produk UMKM Solo Ke Pameran Di Paris

Gibran sempat bertemu petinggi LVMH dan mengenalkan produk Kota Solo. LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton atau biasa disebut LVMH adalah sebuah perusahaan multinasional dan konglomerat yang fokus pada barang mewah dan berkantor pusat di Paris, Prancis.

Gibran menjelaskan LVMH membawahi sejumlah brand, antara lain Louis Vuitton dan Fendi. Sebelumnya, Gibran resmi membuka pameran produk dan budaya bertajuk Java In Paris di Le BHV Marais, Kamis (9/6/2020) waktu setempat.

Produk yang Dipamerkan

Ada seribuan produk UMKM lokal Solo yang dipromosikan di Prancis, salah satu kiblat kota fesyen dunia tersebut. Beberapa di antara, batik Solo, anyaman, kerajinan tangan, hingga kopi asal Indonesia.

Program itu merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam mendukung UMKM Kota Solo naik kelas dan berdaya saing global. Pemkot Solo bekerja sama dengan Shopee, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Le BHV Marais Paris.

Baca Juga : Topeng Wajah Orang Hiasi Bandul Kalung Gibran Saat di Paris, Siapa Ya?

Turut hadir pada pembukaan program, yakni Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk ?Prancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Mohamad Oemar.

Selanjutnya Co-Founder & Chief Operating Officer Sea, Ye Gang. Lalu, Direktur BHV Marais and Home & Eataly Paris Marais Purchasing, Amandine de Souza.

Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Anton Agus Setyawan, menjelaskan pameran itu sangat positif bagi UMKM Solo, khususnya UMKM yang masuk ekonomi kreatif. Perlu terobosan seperti itu untuk masuk ke pasar global.

Pandangan Pakar

Anton mengatakan kecepatan dan komitmen masuk ke pasar global yang dilakukan Pemkot Solo sangat baik. Namun, dia menyebut perlu diimbangi dengan kemampuan UMKM dalam meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk.

Baca Juga : Produk UMKM Solo, Nasi Goreng, dan Satai Ayam Jadi Duta Diplomasi

“Sehingga dapat memenuhi standarisasi kualitas yang diinginkan oleh para pembeli atau buyer dari Eropa. Secara umum dari luar negeri,” ungkapnya.

Menurut dia, Kota Solo secara perekonomian dalam level lokal bisa meningkatkan ekspor terutama melalui produk ekonomi kreatif. Hal ini akan menyebabkan aktivitas ekonomi maupun pertumbuhan ekonomi lebih berkualitas.

“Artinya pertumbuhan ekonomi yang disumbang dari kontribusi ekspor itu akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi lebih bertahan lama. Bahasanya sustainable economic growth,” tuturnya.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi berkualitas bisa menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri lain yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. “Dihitung dari multiplier effect bisa meningkat tinggi. Ini sebagai langkah awal positif. Harapannya agenda ini bisa dilakukan setiap tahun.”

Baca Juga : Dibuka Gibran, Pameran Batik Dan Kerajinan UMKM Solo Resmi Gebrak Paris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya