SOLOPOS.COM - Suasana tempat pemungutan suara TPS) Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo yang mengusung tema Piala Dunia 2022 saat pemilihan kepala desa (Pilkades) setempat, Kamis (8/12/2022. (Solopos.com, Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Jatisobo menyulap tempat pemungutan suara (TPS) 03 Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto bernuansa Piala Dunia 2022.

Kerja sama antara dan Karang Taruna Desa Jatisobo membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadikan rumah warga Dukuh Pandak RT 001/ RW 002, Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Supriyanto sebagai TPS.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemilihan Cakades Jatisobo terasa berbeda dengan hadirnya TPS bertemakan piala dunia 2022. Warga yang datang hendak memilih disambut dengan alunan soundtrack FIFA World Cup Qatar 2022 berjudul Dreamers.

Sebanyak tujuh panitia menyambut para tamu dengan mengenakan jersey, bahkan di antaranya membawa peluit dan bendera wasit sepak bola.

Panitia memasang berbagai ornamen di lokasi pemungutan suara seperti penggantungan bola warna-warni di atas tenda dan bendera berbagai negara yang mengikuti Piala Dunia 2022 di tembok.

Baca juga: Ketat! Pilkades Serentak Sukoharjo Dipantau Langsung Kemendagri dan Muspida

Selain itu, beberapa poster pemain bola ternama seperti Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Christiano Ronaldo tertempel di tembok menghiasi ruangan TPS.

“Karena masih dalam euforia Piala Dunia 2022, kami buat semeriah mungkin. Agar tidak ‘panas’ karena penyelenggaraan Pilkades bisa menjadi lebih sensitif daripada pemilihan pemimpin lain,” kata ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Desa Jatisobo, Muhammad Luthfi Irnanto saat ditemui Solopos.com, Kamis (8/12/2022).

Menghabiskan Rp1,5 juta,  ia bersama panitia lain berkolaborasi dengan pemerintah desa dan kecamatan untuk menciptakan TPS dengan suasana berbeda untuk menarik animo warga agar turut serta dalam Pilkades Jatisobo.

Camat Polokarto, Heri Mulyadi, mengatakan Desa Jatisobo memiliki ikon stadion yang dapat digunakan untuk bermain sepak bola pada malam hari.

TPS Jatisobo menjadi satu-satunya tempat pemungutan suara bertema piala dunia dari tiga desa di Polokarto yang menyelenggarakan Pilkades.

Baca juga: Pilkades Kadilangu Sukoharjo Sat Set: Baru 1,5 Jam, 70% Warga Sudah Memilih

“TPS Jatisobo menjadi satu-satunya di wilayah Polokarto bertema Piala Dunia 2022, karena Desa Jatisobo memiliki ikon stadion yang biasanya digunakan untuk bermain sepak bola pada malam hari. Di Desa Jatisobo diselenggarakan ini [TPS bertema piala dunia] agar muncul bibit-bibit sepak bola,” kata Heri saat ditemui Solopos di TPS 03 Jatisobo, Kamis (8/12/2022).

Terdapat dua calon kepala desa (Cakades) yang bertarung dalam Pilkades Jatisobo.

Pertama yakni mantan kepala desa setempat pada 2010-2016, Wiji, asal Dukuh Pandak RT 002/ RW 002, Desa Jatisobo. Lawannya yakni petahana warga Dukuh Kauman RT 002/ RW 003, Desa Jatisobo, Darmanto.

Sebanyak sembilan TPS disiapkan di Desa Jatisobo dalam penyelenggaraan Pilkades dengan 3.841 daftar pemilih tetap (DPT), dan 405 berada di TPS 03.

Baca juga: Pasutri asal Desa Tanjung Nguter Sukoharjo, Jadi Rival dalam Pilkades

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya