SOLOPOS.COM - Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, menyambut timnas bulu tangkis, yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022, di Tokyo, Jumat (19/8/2022). (Antara/Juwita Trisna Rahayu)

Solopos.com, TOKYO – Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi memastikan dukungan 65.000 warga negara Indonesia (WNI) yang ada di seluruh Jepang untuk para pemain Tanah Air dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

“Ada 65.000 WNI di seluruh Jepang, kalau ini disiarkan di televisi dijamin dan diharapkan bisa ikut meramaikan, terutama masih dalam suasana Hari Kemerdekaan,” kata Dubes Heri saat menyambut skuad bulu tangkis Indonesia di Wisma Duta, Tokyo, Jumat (19/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Dubes, penyambutan timnas bulu tangkis sangat penting karena mewakili Indonesia dalam arena internasional yang merupakan salah satu bentuk diplomasi. “Olahraga adalah bagian sesungguhnya diplomasi. Kami menekankan aspek diplomasi yang lebih sosial,” katanya.

Ia berharap para pemain dapat meraih juara dalam ajang tersebut, namun tetap menjunjung tinggi sportivitas. “Namun, di atas itu yang terpenting adalah sportivitas dan penampilan karena mencerminkan Indonesia,” katanya.

Kontingen bulu tangkis Indonesia akan bertanding pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (BWF World Championship 2022) pada 22-28 Agustus 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Nova Beberkan Peluang Ganda Campuran

Sebanyak 30 orang dari tim bulu tangkis Indonesia tiba di Bandara Narita Tokyo pukul 15.55 dan pukul 16.00 waktu setempat dengan pesawat NH836 dan JL720.

Sementara, tujuh orang lainnya tiba di bandara Haneda dengan menggunakan pesawat SQ634 pukul 21.50.

Kontingen bulu tangkis Indonesia menurunkan empat pasangan ganda putra, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Austria 2022, Siapa Jadi Penguasa Red Bull Ring?

Di nomor tunggal putra, pemain yang diturunkan adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sementara di tunggal putri, Indonesia mengirimkan dua wakil, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Baca Juga: Ini Dia Nama-Nama Kandidat Kuat Pengganti Jacksen Tiago di Persis Solo

Ganda putri akan diwakili oleh Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Sementara untuk ganda campuran, Indonesia akan menurunkan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya