Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Wow! 4 Tanaman Hias Karanganyar Ini Ditukar dengan 1 Unit Honda Jazz

Warga Karang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sariyanto, 36, alias Wibi nekat menukarkan satu unit mobil Honda Jazz tahun 2018 miliknya dengan empat tanaman hias Karanganyar.
SHARE
Wow! 4 Tanaman Hias Karanganyar Ini Ditukar dengan 1 Unit Honda Jazz
SOLOPOS.COM - Warga Taji Wetan, Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sariyanto, 36, alias Wibi, (kanan), bertransaksi mobil Honda Jazz dengan tanaman hias milik warga Bejen Karanganyar, Sugiyono, (kiri), pada Jumat (8/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Taji Wetan, RT 003/RW 003, Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sariyanto, 36, alias Wibi nekat menukarkan satu unit mobil Honda Jazz tahun 2018 miliknya dengan empat tanaman hias Karanganyar.

Tanaman hias Karanganyar yang dibeli Wibi menggunakan satu unit Jazz warna kuning itu jenis monstera, marmorata, gelombang cinta variegata pink, dan lainnya. Honda Jazz pelat nomor B 1955 CZC itu diserahkan kepada petani tanaman hias di Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Sugiyono, pada Jumat (8/4/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Di Bejen. [Saya membeli] tanaman milik Pak Sugiyono. Itu jenis monstera, marmorata, gelombang cinta variegata pink. Antara lain, itu. Ditukar Honda Jazz 2018. Kalau di pasaran harga [mobil Honda Jazz 2018] ditawar makelar Rp240 juta. Harga pasaran Rp250 juta,” kata Wibi saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Baca Juga : Awas Tertipu! Ini Perbedaan Monstera Marmorata dengan Sirih Gading

Sebagai informasi, Wibi mendapatkan mobil Honda Jazz itu dari barter tanaman hias Karanganyar. Saat itu, ia menjual tanaman hias lokal jenis syngonium yellow philodendron. Pembelinya seorang eksportir tanaman hias Karanganyar asal Tawangmangu.

“Dijual ke Thailand. Kalau pasar luar negeri itu ada ke Korea, Singapura, Filiphina, Prancis, dan lain-lain. Yang laku diekspor ya jenis syngonium juning. Lalu florida beauty,” jelasnya.

Baca Juga : Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Dari Wibi, Solopos.com mendapatkan informasi bahwa Sugiyono pernah bertransaksi tanaman hias Karanganyar berharga fantastis itu dengan sejumlah kendaraan. Selama tiga bulan terakhir, kata Wibi, Sugiyono, mendapatkan satu unit motor Kawasaki Ninja 4 tak, satu unit motor Harley, dan satu unit Honda Jazz.

Dia berencana menjual kembali tanaman hias Karanganyar tersebut. Uniknya, tak lama setelah transaksi itu, Wibi mengaku sejumlah tanaman yang dibeli dari Sugiyono sudah berpindah tangan kepada orang lain. Salah satunya monstera Lawu Karanganyar.

Baca Juga : Selain Monstera, Ini Deretan Tanaman Hias dengan Harga Mahal Setara Mobil

“Sebagian sudah dibeli. Monstera dijual Rp120 juta. Pembeli dari Pasuruan, Jatim. Ini satu komunitas. Kalau mereka namanya Godong Suwek Nursery. Saya maunya dibayar cash,” ungkapnya.

Ia mengklaim pasar tanaman hias Karanganyar semakin ramai saat Ramadan. Dia menduga hal itu berkaitan dengan hobi. “Hiburan di bulan puasa,” celetuk dia.

Baca Juga : Terungkap! Ternyata Harga Monstera Naik 10 Kali Lipat di Masa Pandemi

Di rumahnya, Wibi memiliki 12 unit mobil. Mulai dari mobil Rp45 juta pick up Futura hingga New Pajero Rp700-an juta. Dari 12 mobil itu, sebanyak enam mobil hasil membeli, sisanya merupakan barter dengan tanaman hias Karanganyar. “Yang Pajero itu beli sendiri, kemarin. Saya kan buka usaha rental juga. Jadi ya ada yang saya sewakan,” tutur dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode